Windows 10 Bakal Loading Game Lebih Cepat berkat Windows 11

Kompas.com - 26/07/2021, 11:12 WIB
Pria yang sedang bermain game PC (Dok. Shutterstock) Pria yang sedang bermain game PC

KOMPAS.com - Direct Storage merupakan salah satu fitur gaming terbaru yang pertama kali hadir di sistem operasi (OS) Windows 11.

Fitur ini memungkinkan suatu game mengunggah aset-asetnya secara langsung ke kartu grafis, sehingga bisa mempersingkat waktu loading dan rendering saat dimainkan.

Namun, fitur ini tidak lagi tersedia secara khusus untuk pengguna Windows 11 saja. Menurut Program Manager Microsoft Hassan Uraizee, Direct Storage juga akan hadir di OS Windows 10 dalam waktu dekat.

Berdasarkan keterangan yang tertera pada Developer Blog Microsoft, fitur Direct Storage juga akan tersedia pada Windows 10 versi 1909 ke atas.

Baca juga: Pengguna Windows 11 Mengeluh Tak Bisa Main PUBG, Ini Sebabnya

"Game yang dibuat dengan SDK DirectStorage juga akan konpatibel dengan Windows 10 versi 1909 dan versi yang lebih tinggi, serupa dengan SDK DirectX 12 Agility," ujar Uraizee.

Fitur Direct Storage sendiri sebelumnya sudah diterapkan pada salah satu konsol terbaru bikinan Microsoft, yakni Xbox Series X.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Direct Storage bekerja dengan memanfaatkan kapasitas penyimpanan SSD NVMe untuk memangkas waktu loading game.

Artinya, game dapat mengunggah aset-aset yang dimilikinya secara langsung ke kartu grafis. Hal ini akan mengurangi beban kerja CPU, sehingga game dapat dimuat dengan waktu yang lebih cepat.

Baca juga: Begini Tampilan Error di Windows 11, Bukan Lagi Blue Screen

Tidak optimal

Meski demikian, fitur Direct Storage pada Windows 10 kemungkinan tidak akan bekerja secara optimal.

Sebab, Direct Storage sendiri merupakan fitur baru yang ditambahkan pada Windows 10, berbeda dengan Windows 11, di mana fitur tersebut memang dirancang dari awal untuk OS tersebut.

"Karena Windows 11 dibangun dengan mempertimbangkan DirectStorage, maka game yang berjalan di Windows 11 mendapat manfaat lebih dari pengoptimalan tumpukan penyimpanan baru," lanjut Uraizee sebagaimana dihimpun KompasTekno dari PC Gamer, Senin (26/7/2021).

Kabar baiknya, kemampuan Direct Storage juga dapat digunakan pada PC yang masih menggunakan hardware perangkat penyimpanan jenis lama, seperti HDD.



Sumber PC Gamer
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.