Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Cek Harga BBM Pertamina Terbaru 2022 lewat Website MyPertamina

Kompas.com - 04/03/2022, 14:15 WIB

KOMPAS.com - Pertamina baru saja merilis daftar harga BBM terbaru pada Selasa kemarin, (2/3/2022). Terdapat beberapa penyesuaian terkait harga BBM Pertamina 2022 ini. Penyesuaian tersebut secara langsung diumumkan juga lewat laman MyPertamina.

Cara cek harga BBM Pertamina yang telah disesuaikan itu bisa dilakukan dengan mengunjungi situs https://mypertamina.id, melalui browser di ponsel atau laptop. Kemudian di halaman awal situs, klik menu “Updates” dan klik opsi “Price Updates”.

Situs bakal menampilkan daftar harga BBM terbaru dari berbagai jenis, yang meliputi Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite, serta Pertamina Dex. Harga BBM tersebut mulai berlaku sejak 3 Maret 2022 di semua provinsi Indonesia.

Baca juga: Daftar Harga Paket Internet Iconnet dan Cara Berlangganannya

Dalam daftar tersebut, diketahui terjadi kenaikan harga BBM pada jenis BBM non-subsidi, seperti Pertamax Turbo, Dexlite, serta Pertamina Dex.

Adapun kenaikan harga BBM non-subsidi beragam di masing-masing wilayah atau provinsi yakni berkisar Rp 500-Rp 1.100 per liter. Seperti pada wilayah DKI Jakarta, harga Pertamax Turbo (RON 98) naik dari Rp 13.500 per liter menjadi Rp 14.500 per liter.

Sedangkan, harga Dexlite, dengan Cetane Number (CN) 51 naik dari Rp 12.150 per liter menjadi Rp 12.950 per liter. Kemudian, harga Pertamina Dex (CN 53) naik dari Rp 13.200 per liter menjadi Rp 13.700 per liter.

Meski terjadi kenaikan pada sejumlah jenis BBM tersebut, namun, harga Pertalite tidak mengalami perubahan. Demikian pula dengan harga Pertamax, yang tetap mengacu pada ketentuan sebelumnya.

Penetapan harga BBM Pertamina 2022 mengacu pada Keputusan Menteri ESDM Nomor 62 K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum.

Irto Ginting, Corporate Secretary Subholding Commercial And Trading Pertamina mengatakan, penyesuaian harga BBM terbaru ini dilakukan karena mengikuti harga minyak mentah dunia yang terus mengalami lonjakan.

Harga minyak mentah dunia untuk saat ini sudah menembus 110 dollar AS (sekitar Rp1,5 juta) per barrel. Kondisi pasar minyak mentah dunia ini yang membuat kenaikan harga BBM Pertamina turut mengalami penyesuaian.

Baca juga: 6 Layanan Publik Wajibkan BPJS Kesehatan sebagai Syarat, Ini Cara Mendaftarnya secara Online

"Penyesuaian mengikuti harga market global dan sesuai ketentuan Kementerian ESDM, dan harga akan di-review rutin setiap dua minggu," kata Irto, sebagaimana dilansir Kompas.com, Jum’at (4/3/2022).

Ia juga mengatakan bahwa penyesuaian harga BBM terbaru ini masih lebih kompetitif, bila dibandingkan dengan operator lain yang lebih dulu menaikkan harga produk BBM-nya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.