Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video: Review Xiaomi 12 Lite 5G, "Flagship" Murah Harga Rp 5 Jutaan

Kompas.com - 09/08/2022, 18:30 WIB
Conney Stephanie,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada pertengahan Juli 2022 lalu, Xiaomi resmi memboyong smartphone 5G terbarunya ke Indonesia, yaitu Xiaomi 12 Lite 5G.

Hadirnya ponsel ini di Tanah Air, melengkapi jajaran Xiaomi 12 Series lainnya yaitu Xiaomi 12 dan Xiaomi 12 Pro. Ponsel ini juga diposisikan sebagai smartphone versi murah dari dua model Xiaomi 12 Series tersebut.

Meski demikian, Xiaomi 12 Lite 5G hadir dengan spesifikasi yang tak kalah saing dengan kedua saudaranya.

Dari segi desain, kini modul kamera belakangnya seolah terbagi menjadi dua bagian, yaitu antara modul kamera dan modul LED Flash.

Baca juga: Xiaomi 12 Lite Resmi Masuk Indonesia, Ini Harganya

Bisa dikatakan, desain ini mirip seperti modul kamera belakang di beberapa model smartphone terbaru Xiaomi keluaran tahun ini.

Untuk bodinya, Xiaomi 12 Lite 5G memiliki sudut kotak, bukan membulat atau melengkung. Bagian bodi belakang maupun layarnya juga sudah dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 5.

Ponsel ini pun hanya memiliki berat 173 gram. Bobot tersebut bisa dibilang lumayan ringan dan sangat nyaman jika digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Selain bobotnya yang ringan, Xiaomi 12 Lite 5G juga memiliki bodi yang cukup ramping yaitu dengan dimensi 159,3 x 73,7 x 7,29 mm. Ponsel ini menurut kami nampak ringkas ketika dimasukkan ke dalam kantong jaket atau celana.

Layar depan Xiaomi 12 Lite 5GKOMPAS.com/ConneyStephanie Layar depan Xiaomi 12 Lite 5G
Dari aspek fotografi, menurut kami, Xiaomi 12 Lite 5G ini bisa diandalkan untuk mengambil gambar dalam kondisi apa pun, baik di pagi, siang, atau malam hari.

Untuk keseharian, layar ponsel ini juga memberikan pengalaman yang baik ketika digunakan untuk main game berat, scrolling sosmed seharian, ataupun multitasking di beberapa aplikasi.

Saat digunakan di outdoor, konten visual yang ditampilkan di layar kurang terlihat jelas. Hal ini lantaran Xiaomi 12 Lite 5G hanya mendukung tingkat kecerahan layar maksimal 950 nits.

Dari segi daya, ponsel dengan baterai berkapasitas 4.300 mAh ini bisa dibilang lumayan awet, namun tergantung pemakaian. Misalnya jika dipakai untuk bermain game Free Fire, baterainya hanya berkurang sedikit, sekitar 20 persen selama 60 menit pemakaian (dari 100 persen).

Baca juga: Xiaomi Redmi 10 5G Meluncur di Indonesia dengan Kamera 50 MP, Harga Rp 2 Jutaan

Pengecasan baterainya pun terbilang cepat. Kami mencoba mengisi daya dari 10 hingga 50 persen, hanya memakan waktu 15 menit saja. Kemudian kami juga mencoba untuk mengecas dari 10 sampai 100 persen, waktu yang dibutuhkan adalah 40 menit.

Hal ini dimungkinkan karena Xiaomi telah membekali ponsel ini dengan dukungan fitur Fast Charging 67 Watt, serta aksesori charger dengan keluaran daya maksimal 67 Watt.

Lantas, seperti apa kinerja dan kemampuan lain yang dibawa oleh Xiaomi 12 Lite 5G ini? Simak video Review Xiaomi 12 Lite 5G Indonesia yang tayang di kanal YouTube KompasTekno melalui link berikut ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com