Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Uji Coba Fitur Baru yang Mirip Medsos BeReal

Kompas.com - 09/08/2022, 15:02 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Instagram dilaporkan tengah melakukan uji coba fitur baru bernama "Share a Snapshot". Fitur tersebut memungkinkan pengguna membagikan lokasi mereka ke pengguna lain melalui kode QR yang bisa dipindai.

Fitur tersebut dinilai serupa dengan milik aplikasi media sosial asal Perancis, BeReal, karena sama-sama memungkinkan pengguna berbagi lokasi ke pengguna lain di saat yang bersamaan.

Bocoran informasi ini diunggah oleh seorang peneliti aplikasi bernama Alessandro Paluzzi. Dalam cuitannya di Twitter dengan handle @alex193a , ia menulis bahwa Instagram sedang melakukan uji coba fitur "Share a Snapshot".

Unggahan tersebut juga menyertakan gambar tangkap layar (screenshot) dari uji coba tersebut. Terdapat kode QR yang bisa dipindai dan dibagikan pengguna, agar pengguna lain dapat mengetahui titik lokasi dari pengguna tersebut.

Baca juga: Instagram Uji Tampilan Foto Mirip TikTok Meski Diprotes

Ini bukan pertama kalinya Instagram dianggap mengadopsi fitur milik BeReal. Sebelumnya, fitur "Dual Camera" yang dirilis Instagram juga tampak serupa dengan fitur milik BeReal.

Pasalnya, fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk menggunakan kamera depan dan belakang secara bersamaan, ketika ingin membuat video Reels seperti di gambar di bawah ini.

Tampilan fitur Dual Camera Instagram. Gambar di sebelah kiri adalah tampilan aplikasi BeReal, sedangkan gambar di kanan adalah fitur Dual Camera InstagramSocial Media Today Tampilan fitur Dual Camera Instagram. Gambar di sebelah kiri adalah tampilan aplikasi BeReal, sedangkan gambar di kanan adalah fitur Dual Camera Instagram

Nah, jika fitur "Dual Camera" dan "Share a Snapshot" digabungkan oleh Instagram, hal tersebut mirip dengan fungsi utama dari aplikasi BeReal, dikutip KompasTekno dari Social Media Today, Selasa (9/8/2022).

Hal yang dilakukan Instagram sebenarnya bukan hal baru. Sejauh ini, Instagram sudah banyak meniru sejumlah fitur dari para pesaingnya.

Ambil contoh, Instagram meluncurkan fitur "Stories" yang sama dengan Snapchat, lalu meluncurkan fitur video berdurasi panjang (IGTV) yang "terinspirasi" dari Youtube.

Baru-baru ini, perombakan yang paling mencolok adalah Instagram berupaya untuk menjadi "sama" dengan TikTok dari segi tampilan dan fitur.

Mulai dari merombak rasio video Reels menjadi 16:9 atau 9:16 hingga menggunakan sistem algoritma seperti TikTok, yang merekomendasikan konten-konten dari akun lain secara acak.

Ilustrasi aplikasi BeRealTechCrunch Ilustrasi aplikasi BeReal
Apa itu BeReal?

BeReal merupakan media sosial di Perancis yang memungkinkan pengguna untuk berbagi kegiatan keseharian mereka secara real time.

Jadi, setiap pengguna diajak untuk berbagi konten kepada pengguna lain dalam waktu yang berbeda setiap harinya. Pengguna juga bisa meminta pengguna lain membagikan kegiatan yang mereka lakukan saat itu, dengan kurun waktu tidak lebih dari dua menit.

Baca juga: Pendapatan Meta Turun untuk Pertama Kalinya, Reels Instagram Jadi Salah Satu Penyebabnya

Dengan ciri khasnya yang mampu melakukan update secara real time, aplikasi ini disebut sebagai “bentuk penolakan” terhadap citra media sosial sekarang, yang harus di-edit atau dipercantik terlebih dahulu sebelum dipublikasikan.

Menurut data.ai, pada kuartal I-2022, BeReal berhasil memiliki 3,3 juta unduhan di seluruh dunia. Angka tersebut tumbuh positif dan naik 390 persen dibanding kuartal-IV 2021 lalu.

Pasalnya, aplikasi ini telah dirilis pada 2020 lalu, tetapi baru “naik daun” setelah pertengahan tahun 2022. Sekarang, media sosial tersebut telah diunduh lebih dari 10 juta kali.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com