Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi Redmi A1 Resmi di Indonesia, Harga Mulai Rp 1,1 Juta

Kompas.com - 28/10/2022, 11:25 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Xiaomi resmi meluncurkan Redmi A1 di Indonesia, hari ini (28/10/2022), bertepatan dengan peringatan hari Sumpah Pemuda.

Tak hanya tanggal peluncurannya yang dilokalisasi, tema serta kotak kemasan Redmi A1 juga didesain Xiaomi khusus dengan nuansa budaya Indonesia, berkolaborasi bersama salah satu Xiaomi fans Tanah Air.

Poin lokalisasi lainnya yaitu nilai Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) Redmi A1 yang diklaim sebesar 40,3 persen.

Di antara aspek yang memenuhi persentase tersebut yaitu manufaktur ponsel, pengembangan produk dalam hal software secara lokal, serta pengembangan aplikasi yang bekerja sama dengan mitra lokal Xiaomi di Indonesia.

Redmi A1 dikategorikan sebagai ponsel entry-level, akan tetapi tampil dengan layar yang luas serta daya baterai besar. Namun, berbeda dengan ponsel Xiaomi Redmi pada umumnya, Redmi A1 menjalankan sistem operasi Android Go atau Android versi ringan.

Baca juga: Xiaomi Resmi Luncurkan Redmi A1 Tanpa MIUI

Selain itu, antarmuka ponsel ini juga dilapisi oleh antarmuka (UI) bawaan Android atau disebut Android Stock, bukan dipoles antarmuka Xiaomi yang dikenal sebagai MIUI.

Redmi A1Kompas.com/Lely Maulida Redmi A1

Spesifikasi Redmi A1

Xiaomi Redmi A1 tampil dengan layar berpanel IPS LCD 6,52 inci, aspek rasio 20:9 dan resolusi HD Plus (720 x 1600). Layarnya disertai dengan poni untuk menampung kamera depan ponsel.

Adapun punggung ponsel dilapisi dengan penampang bertekstur kulit sehingga mengurangi efek licin. Modul kamera berbentuk persegi juga turut menghias punggung Redmi A1.

Modul tersebut menampung kamera ganda yang diposisikan secara vertika, bersamaan dengan lampu flash LED.

Pada aspek hardware, Redmi A1 ditenagai oleh chipset MediaTek Helio A22, yang menawarkan CPU berkecepatan 2,0 GHz. Chip ini dipadukan dengan dua opsi RAM dan penyimpanan, yaitu 2/32 GB dan 3/32 GB.

Xiaomi menyertakan dukungan perluasan RAM sementara hingga 2 GB, dengan meminjam kapasitas dari penyimpanan internal ponsel. Jadi, total RAM sementara yang bida didapatkan pengguna yaitu hingga 5 GB. Penyimpanannya juga bisa diperluas melalui kartu microSD hingga kapasitas 1 TB.

Baca juga: Xiaomi Redmi Note 12 Pro Plus Meluncur dengan Kamera 200 MP

Pada aspek kamera, Redmi A1 dibekali kamera belakang ganda terdiri dari kamera utama 8 MP (f/2.0) dan kamera kedua yang didukung kecerdasan buatan (AI). Sementara itu kamera depannya dibekali resolusi 5 MP (f/2.2).

Kamera tersebut juga diperkaya dengan beberapa fitur seperti mode portrait, video pendek, serta time-lapse.

Untuk dayanya, Redmi A1 dibekali baterai berkapasitas 5.000 mAh yang didukung fast charging 10 watt. Fitur lainnya yang turut melengkapi Redmi A1 yaitu bluetooth 5.0, WiFi 2.4 GHz, konektivitas 4G, radio FM serta colokan audio 3,5 mm.

Dengan sejumlah spesifikasi itu, Redmi A1 hadir dalam dimensi 164.90 x 76.75 x 9.09 mm dan bobot 192 gram.

Modul kamera Redmi A1Kompas.com/Lely Maulida Modul kamera Redmi A1

Harga Redmi A1 di Indonesia

Redmi A1 tersedia dalam warna Black dan Light Blue dan mulai dijual pada 4 November mendatang. Harga Redmi A1 di Indonesia adalah sebagai berikut.

  • Harga Xiaomi Redmi A1 2/32 GB - Rp 1.149.000
  • Harga Xiaomi Redmi A1 3/32 GB - Rp 1.249.000

Menurut akun resmi Twitter Xiaomi Indonesia, penjualan perdana Redmi A1 di Indonesia dibuka mulai 4 November 2022 secara online di Mi.com dan marketplace rekanan, dan secara offline di Xiaomi Store dan Erafone.

Dalam rangka penjualan perdana, Xiaomi Indonesia menawarkan harga promosi khusus secara terbatas dengan harga Rp 999.000 untuk pengguna smartphone Redmi seri A (Redmi 6A, Redmi 7A, Redmi 8A, Redmi 8A Pro, Redmi 9A, Redmi 10A) yang melakukan transaksi lewat Mi.com.

Revisi: Artikel ini telah mengalami perubahan informasi harga Xiaomi Redmi A1, sebelumnya akun resmi Twitter Xiaomi Indonesia mengunggah twit yang disertai foto dengan keterangan harga Redmi A1 2/32 GB Rp 1.199.000 dan harga Redmi A1 3/32 GB Rp 1.299.000. Twit tersebut kini sudah menghilang atau dihapus dari Twitter Xiaomi Indonesia.

Spesifikasi Redmi A1 IndonesiaKompas.com/Lely Maulida Spesifikasi Redmi A1 Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com