Kompas.com - 08/11/2022, 16:15 WIB

KOMPAS.com - Beberapa pengguna akhir-akhir ini mengeluh halaman Explore akun Instagram (IG) tiba-tiba berubah dan dipenuhi konten foto atau video vulgar, salah satunya seperti konten ibu menyusui yang bertelanjang dada.

Masalah konten vulgar di Explor IG yang muncul tiba-tiba tampaknya tidak terjadi di semua akun pengguna. Pada akun Instagram KompasTekno di ponsel Android dan iPhone, tidak ditemukan terjadi masalah tersebut.

Baca juga: Explore IG Tiba-tiba Berubah Muncul Konten Vulgar, Apa Sebabnya?

Kendati tak terjadi di semua akun pengguna, lalu kenapa Explore IG tiba-tiba berubah? Untuk diketahui, Explore Instagram memuat semua konten yang diunggah oleh pengguna lain (tak harus saling mengikuti), baik konten berupa foto, video, maupun Reels.

Instagram memiliki algoritma untuk menampilkan konten di Explore. Instagram biasanya menampilkan aneka konten di Explore sesuai dengan aktivitas atau minat pengguna pada sebuah konten yang ditelusuri mereka.

Misalnya, jika pengguna menyukai atau sering menuliskan komentar di postingan yang melibatkan hewan peliharaan macam kucing, maka halaman Explore IG mereka mayoritas bakal dipenuhi juga dengan konten foto atau video tentang kucing.

Dengan algoritma tersebut, bisa jadi masalah konten vulgar di Explore IG yang muncul tiba-tiba disebabkan karena pengguna memiliki ketertarikan (secara sengaja atau tidak) terhadap unggahan foto atau video bermuatan vulgar juga.

Dengan penyebab seperti itu, lantas bagaimana cara menghapus Explore di Instagram yang muncul konten vulgar? Untuk lebih lengkap lengkapnya, berikut adalah penjelasan mengenai cara mengubah Explore Instagram yang memuat konten tidak diinginkan.

Cara mengubah Explore Instagram yang memuat konten vulgar

1. Hapus riwayat pencarian

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah menghapus riwayat pencarian di aplikasi Instagram. Cara ini berguna untuk mengembalikan preferensi konten Explore Instagram yang juga diambil dari aktivitas pencarian.

Untuk menghapus riwayat pencarian, caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka halaman profil Instagram.
  • Klik ikon garis tiga yang berada di pojok kanan atas halaman profil Instagram.
  • Setelah itu, klik menu pengaturan “Aktivitas Anda” dan pilih opsi “Pencarian Terbaru”.
  • Selanjutnya, bakal muncul daftar riwayat pencarian di Instagram.
  • Terakhir, klik opsi hapus semua riwayat pencarian.

Ilustrasi cara menghapus riwayat pencarian Instagram untuk mengubah preferensi Explore.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara menghapus riwayat pencarian Instagram untuk mengubah preferensi Explore.

Baca juga: WhatsApp dan Instagram Down Bergantian dalam Sepekan, Apa Penyebabnya?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.