Kompas.com - 20/11/2022, 14:16 WIB

KOMPAS.com - Google Play Store merupakan toko aplikasi yang populer dan diandalkan pengguna ponsel Android.

Namun terkadang ada aplikasi yang tidak tersedia di toko aplikasi tersebut karena alasan tertentu. Misalnya karena diblokir di suatu negara sehingga ketersediaannya dibatasi.

Meski tidak tersedia di Play Store, pengguna bisa mengunduh aplikasi dengan format Android Package Kit atau biasa disingkat APK (.apk) sebagai alternatif. Format ini biasanya digunakan para pengembang Android untuk mendistribusikan aplikasi.

Di Play Store, sebenarnya pengguna juga mengunduh dan menjalankan aplikasi dengan format APK. Hanya saja, pengguna tidak memiliki akses langsung ke file dengan format tersebut.

Cara mendapatkan aplikasi dengan format APK di luar Play Store sendiri cukup mudah karena tersedia di banyak situs.

Baca juga: Mengenal AAB, Pengganti APK Android Mulai 1 Agustus 2021

Namun bila pengguna tidak hati-hati, ancaman keamanan bisa saja menyerang melalui aplikasi APK tersebut. Untuk itu, pengguna perlu memilah situs yang cukup aman sebelum mengunduh aplikasi APK.

Lantas apa saja situs yang aman untuk mengunduh file APK? Berikut 7 situs download APK yang aman dan bisa Anda coba.

APKMirror

Situs APKMirror dimiliki dan dioperasikan oleh tim yang sama dengan tim yang membuat situs berita Android Police. Dengan demikian, situs ini bisa diandalkan untuk mengunduh aplikasi APK.

Guna menjaga keamanan, APKMirror menerapkan beberapa kebijakan termasuk verifikasi semua APK yang diunggah ke situsnya sebelum dipublikasikan hingga memverifikasi kecocokannya dengan aplikasi lain.

APKMonk , salah satu situs situs download APKAPKMonk APKMonk , salah satu situs situs download APK

Bila APKMirror tidak bisa memverifikasi validitas file APK terkait, maka aplikasi tersebut tidak akan dipublikasikan di situsnya. Oleh karena itu pengguna tidak akan menemukan APK yang dimodifikasi atau aplikasi bajakan di situs ini.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.