Kompas.com - 16/11/2022, 16:57 WIB

HAWAII, KOMPAS.com - Qualcomm memperkenalkan chipset flagship terbarunya, Snapdragon 8 Gen 2, dalam acara tahunan Snapdragon Summit di Hawaii, Selasa (15/11/2022).

Salah satu hal yang diunggulkan di system-on-chip (SoC) kelas atas ini adalah Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan (AI). Qualcomm mengeklaim bahwa Snapdragon 8 Gen 2 merupakan chipset yang lebih cerdas dari pendahulunya.

Hal ini dibuktikan dengan adanya kemampuan translate atau penerjemah bahasa secara real-time ke dua bahasa sekaligus. Bahkan, kemampuan itu tetap berfungsi meski ponsel dalam kondisi offline atau tidak tersambung internet.

Kemampuan tersebut hadir melalui fitur Snapdragon Smart dengan Cognitive AI yang dapat mendeteksi suara dan tulisan.

Melalui sebuah demonstrasi, Qualcomm memamerkan kemampuan tersebut. Dalam demo ini sebuah smartphone dengan aplikasi khusus yang digunakan untuk uji coba, dapat memahami percakapan dalam bahasa Inggris.

Baca juga: Qualcomm Luncurkan Snapdragon 8 Gen 2, Chip Flagship untuk HP Android Teratas

Percakapan tersebut diubah menjadi teks dan kemudian diterjemahkan ke dalam dua bahasa secara bersamaan, yakni bahasa China dan Spanyol. Video demonstrasi Qualcomm itu diunggah oleh jurnalis KompasTekno, Yudha Pratomo yang sedang meliput acara Snapdragon Summit di Hawaii, ke akun Instagram pribadinya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Yudha Pratomo (@pratomoyudha)

Menurut Vinesh Sukumar, Senior Director Product Management Qualcomm Technologies, kemampuan penerjemahan multi-bahasa ini akan mendukung banyak bahasa di dunia.

"Dua bahasa ini bisa diterjemahkan tanpa halangan. Bayangkan di masa depan ada banyak bahasa yang bisa dipahami," kata Sukumar.

Pemahaman bahasa dan terjemahan yang dihasilkan juga diklaim minim kesalahan karena melewati proses pengolahan menggunakan kecerdasan buatan.

Snapdragon 8 Gen 2 sendiri memang mengunggulkan sektor kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). AI di Snapdragon 8 Gen 2 akan mendongkrak fungsi kamera serta pemrosesan bahasa.

Baca juga: Ini Peningkatan di Snapdragon 8 Gen 2 Dibanding Gen 1

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.