Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nuxcle, Startup Pembuat Kendaraan Listrik Juarai NextDev 2023

Kompas.com - 09/06/2023, 19:26 WIB
Yudha Pratomo

Penulis

KOMPAS.com - Telkomsel menobatkan Nuxcle sebagai Best of The Best Startup pada Program NextDev tahun kedelapan. Nuxcle adalah perusahaan rintisan yang bergerak di bidang kendaraan listrik.

Gelar ini diberikan kepada Nuxcle bersamaan dengan agenda NextDev Final Pitching dalam ajang konferensi teknologi NextDev Summit pada 7-8 Juni 2023.

Nuxcle mengembangkan kendaraan berupa skateboard listrik, electric bikes, dan electric scooter yang masih berupa prototype. Selain itu, Nuxcle juga membuka layanan konversi kendaraan roda dua konvensional menjadi kendaraan listrik.

Istimewanya, startup Nuxcle ini mengubah kendaraan biasa menjadi listrik menggunakan bahan daur ulang. Dengan demikian selain membantu masyarakat menghemat biaya bahan bakar, Nuxcle juga berkontribusi memperlambat pemanasan global.

Baca juga: Tahun Depan, Telkomsel Bawa Materi Agrikultur ke NextDev Summit

Sebagai Best of The Best Startup, Nuxcle mendapat hadiah berupa dana hibah untuk pengembangan serta penguatan fundamental bisnis ke depannya.

"Melalui NextDev, kami mendapat banyak insight tentang industri dan B2B yang membuat fokus kami semakin tajam," kata CEO Nuxcle, Arif Fajar Saputra.

Sementara Direktur Marketing Telkomsel, Derrick Heng, berharap, NextDev bisa menjadi pintu awal untuk dukungan pemberdayaan ekosistem startup digital dari Telkomsel.

NextDev yang mencakup Program Tinc juga diharapkan sebagai wadah akselerator bagi startup dan Telkomsel Mitra Inovasi (TMI) sebagai anak usaha Telkomsel untuk mendukung investasi strategis dan kolaborasi jangka panjang.

"Selamat kepada Nuxcle yang membuktikan diri menjadi Best of The Best Startup di program NextDev tahun ke-8," ungkap Direktur Marketing Telkomsel, Derrick Heng, dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Jumat (9/6/2023).

"Program NextDev kini lebih dirancang dan diposisikan sebagai enabler bagi startup digital tahap awal di Indonesia guna memiliki fundamental bisnis yang kuat dan tumbuh berkelanjutan," lanjut Derrick.

Nuxcle sendiri menjadi salah satu dari 233 startup yang diseleksi sejak September 2022 lalu. Sebanyak 233 startup tersebut dikurasi menjadi 40 startup terpilih yang mengikuti fase NextDev Talent Scouting.

Setelah itu, 12 startup yang lolos masuk dalam program inkubasi selama tiga bulan. Kemudian, final pitching dilakukan sebagai rangkaian terakhir Telkomsel NextDev ke-8.

Baca juga: IndiHome Dapat Restu Gabung ke Telkomsel

Adapun dalam fase final pitching ini ke-12 startup memaparkan inovasi mereka di hadapan beberapa juri yaitu founder Jejak.in Arfan Arlanda, CEO Telkomsel Mitra Inovasi Mia Melinda, Founding Partner Kinesys Group Yansen Kamto, CTO Indico Luthfi K. Arif, dan Vice President Corporate Communications Telkomsel Saki H. Bramono.

Bersamaan dengan pelaksanaan konferensi teknologi tahunan NextDev Summit, 12 startup yang berpastisipasi pada fase NextDev Academy mengikuti Sesi Business Matching & Investors Meet Up bersama Telkomsel, institusi pemerintahan dan ekosistem Badan Usaha Milik Negara (BUMN), investor swasta, serta para pemodal ventura.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com