Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Pasang dan Settings Kamera Web Eksternal buat Tes Rekrutmen Bersama BUMN 2023

Kompas.com - 13/06/2023, 13:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu ketentuan dalam mengerjakan tes pada program lowongan kerja di BUMN (Badan Usaha Milik Negara) atau dikenal Rekrutmen Bersama BUMN 2023, adalah peserta wajib mengaktifkan kamera web (webcam) di komputer.

Sebagai informasi, saat ini, Rekrutmen Bersama BUMN 2023 telah memasuki tes online tahap 1, yaitu tes TKD dan Core Value BUMN “AKHLAK”. Adapun jadwal tes TKD dan AKHLAK adalah mulai 12 Juni hingga 21 Juni mendatang.

Baca juga: Cara Mengatasi “Alamat Web yang Anda Tuju Tidak Valid” Saat Tes Rekrutmen Bersama BUMN 2023

Tiap peserta bisa memperoleh jadwal tes TKD dan AKHLAK yang berbeda pada rentang waktu tersebut. Beberapa hari sebelum tes, peserta bakal diberikan trial test (tes percobaan) oleh FHCI (Forum Human Capital Indonesia) selaku panitia penyelenggara.

Tujuan trial test itu adalah agar peserta dapat memastikan kelancaran jaringan dan perangkat yang digunakan untuk tes final nanti. Saat melangsungkan tes final nanti, peserta diwajibkan untuk mengaktifkan webcam di komputer.

Jika kamera tak aktif selama tes berlangsung maka bakal mempengaruhi penilaian. Oleh karena itu, peserta perlu memastikan komputer yang hendak digunakan untuk melangsungkan tes Rekrutmen Bersama BUMN 2023 telah terpasang webcam.

Bila menggunakan laptop, webcam biasanya telah tersedia secara langsung (built-in). Namun, jika menggunakan komputer, peserta umumnya harus menggunakan webcam terpisah atau webcam eksternal.

Seandainya peserta hendak tes Rekrutmen Bersama BUMN 2023 dengan menggunakan komputer, berikut adalah penjelasan cara pasang webcam eksternalnya.

Cara pasang webcam di komputer buat tes Rekrutmen Bersama BUMN 2023

Cara pasang webcam di komputer buat tes Rekrutmen Bersama BUMN 2023 bisa dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Pastikan telah memiliki webcam eksternal.
  • Saat komputer nyala, sambungkan webcam eksternal melalui koneksi USB.
  • Setelah tersambung, silakan cek apakah webcam eksternal sudah terdeteksi di komputer atau belum.
  • Bila menggunakan komputer dengan sistem operasi Windows 10, cara cek ketersediaan webcam eksternal bisa dilakukan melalui menu “Control Panel’. Kemudian, klik opsi “Hardware and Sound” dan pilih “Devices and Printer”.
  • Pada opsi “Device and Printer”, pastikan nama webcam eksternal telah muncul.

Cara setting webcam di komputer buat tes Rekrutmen Bersama BUMN 2023

Setelah melakukan pemasangan, peserta perlu mengatur atau setting webcam eksternal itu di komputer supaya bisa dipakai buat tes Rekrutmen Bersama BUMN 2023.

Secara umum, peserta perlu mengatur agar webcam berfungsi sebagai perangkat video utama (set as default) dan mengizinkan aplikasi browser yang digunakan tes untuk mengakses webcam itu.

Penjelasan cara setting webcam di komputer buat tes Rekrutmen Bersama BUMN 2023 adalah sebagai berikut:

  • Bila menggunakan komputer Windows 10, peserta dapat mengatur webcam eksternal sebagai perangkat video utama dengan mengunjungi menu “Control Panel”.
  • Kemudian, klik opsi “Hardware and Sound” dan pilih “Devices and Printer”.
  • Setelah itu, klik kanan pada nama webcam eksternal yang dipakai dan pilih opsi “set as default”.
  • Setelah mengatur sebagai perangkat video utama, peserta kini bisa mulai untuk memberikan izin akses webcam eksternal pada aplikasi browser yang hendak digunakan tes Rekrutmen Bersama BUMN 2023.
  • Untuk diketahui, peserta disarankan untuk memakai browser Google Chrome dan Mozilla Firefox versi terbaru untuk menjalankan tes.
  • Adapun cara memberikan izin akses itu adalah saat membuka link atau alamat web tes Rekrutmen Bersama BUMN 2023, pop-up menu permintaan mengakses webcam bakal muncul.
  • Pada pop-up menu tersebut, silakan klik “Allow” atau “Izinkan” untuk menggunakan webcam.
  • Kini, peserta dapat mengaktifkan webcam di komputer untuk menjalani tes Rekrutmen Bersama BUMN 2023.

Baca juga: Spesifikasi Laptop untuk Tes TKD dan AKHLAK Rekrutmen Bersama BUMN 2023, Perhatikan

Demikianlah penjelasan mengenai cara setting webcam di komputer buat tes Rekrutmen Bersama BUMN 2023. Sebagai informasi tambahan, bila terjadi kendala, peserta dapat dapat mengakses layanan bantuan FHCI pada kontak-kontak di bawah ini:

  • WhatsApp: +628118954320
  • Email: rekrutmenbersama@fhcibumn.id
  • Telegram: https://t.me/BumnFHCI_bot

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com