Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Photos Versi Web Kini Punya Lebih Banyak Fitur Edit Foto

Kompas.com - 13/06/2023, 19:32 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Layanan penyimpanan dan berbagi foto Google, Google Photos menghadirkan sejumlah fitur edit foto baru untuk versi web. Sederet fitur baru tersebut memungkinkan pengguna melakukan beberapa penyuntingan pada gambar langsung di Google Photos versi web.

Dalam pengumuman Google di Twitter menggunakan handles @googlephotos pada Selasa (13/6/2023), Google menambah enam fitur edit foto yang baru.

Keenam fitur tersebut terdiri dari Portrait Light, Portrait Blur, Dynamic, Color Pop, HDR, dan Sky. Keenam fitur ini pada dasarnya memungkinkan pengguna mengubah kontras, kecerahan, dan keburaman pada gambar.

Misalnya, Portrait Light memungkinkan pengguna menyesuaikan posisi dan tingkat kecerahan pada gambar portrait. Portrait Blur memungkinkan pengguna memburamkan (blur) latar belakang gambar untuk foto mode portrait.

Sementara itu, fitur Dynamic mengizinkan sistem meningkatkan tingkat kecerahan dan kontras pada gambar. Kemudian, tool Color Pop memungkinkan pengguna menonjolkan objek menggunakan warna, lalu tool HDR memungkinkan pengguna menyesuaikan tingkat kecerahan dan kontras pada gambar.

Baca juga: Google Photos Bisa Cari Koleksi Foto Lebih Detail

Adapun fitur Sky memungkinkan pengguna memilih sejumlah palet warna yang diinginkan. Kemudian, warna palet tersebut dapat disesuaikan berdasarkan warna dan kontras di langit.

Kendati demikian, fitur editing baru di Google Photos versi web ini punya beberapa persyaratan. Salah satunya adalah pengguna harus terlebih dulu berlangganan atau mendaftar menjadi anggota Google One saat mengakses Google Photos di komputer.

“Baru saja hadir! Rekomendasi (fitur edit) Portrait Light, Portrait Blur, Dynamic, Color Pop, HDR, dan Sky sudah tersedia untuk anggota Google One di web. Jadi, Anda bisa dengan mudah mengedit foto langsung di komputer,” ujar Google.

Persyaratan lainnya adalah perangkat komputer yang digunakan harus memiliki RAM (random-acess memory) minimal sebesar 4GB. Syarat ini menjadi persyaratan utama dan penting yang harus diperhatikan agar pengguna dapat mengedit di komputer.

Baca juga: Cara Menghapus Foto di Google Photos untuk Menghemat Ruang Penyimpanan

Sebelum hadir di web, fitur edit foto sudah hadir lebih dulu di aplikasi Google Photos versi mobile. Sama seperti di web, fitur-fitur tersebut juga hanya bisa digunakan pelanggan Google One saja.

Seperti dikutip KompasTekno dari Android Authority, Selasa (13/6/2023), Google Photos versi mobile tampaknya lebih banyak peminatnya ketimbang aplikasi versi web.

Namun, kebaruan ini mungkin bisa jadi salah satu upaya untuk menarik perhatian pengguna untuk menggunakan Google Photos versi web.

Pantauan KompasTekno, Selasa (13/6/2023), fitur ini masih belum tersedia untuk pengguna Indonesia. Meskipun belum tersedia, pengguna Google Photos bisa mengedit foto dengan menambah filter warna, mengubah tingkat kecerahan (brightness), warna temperatur, saturasi, dan pengeditan dasar lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com