Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Ngirit, Google Jual Layanan Domains Rp 2,6 Triliun

Kompas.com - 17/06/2023, 12:20 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Google menjual salah satu layanannya, Google Domains, ke perusahaan penyedia situs web terintegrasi, Squarespace. Domains adalah layanan registrar internet yang dimiliki Google.

Dalam keterangan resminya, Squarespace berkata bahwa pihaknya sudah menandatangani perjanjian akuisisi dengan Google.

"(Kami) menandatangani perjanjian pembelian aset dengan Google, di mana Squarespace akan mendapatkan aset yang terkait dengan bisnis Google Domains," kata pihak Squarespace dikutip dari 9to5Google.

Rincian kesepakatan antara Google dengan Squarespace tak begitu dijelaskan, begitu pula soal mahar akuisisinya. Yang jelas, Squarespace mendapatkan sekitar 10 juta domain yang dihosting di Google Domains.

Baca juga: Perbedaan Domain dan Hosting, Jenis-jenis dan Fungsinya

Menurut sumber yang dikutip Bloomberg, nilai kesepakatannya sekitar 180 juta dollar AS (Rp 2,6 triliun).

Adapun alasan Google menjual bisnisnya itu adalah agar pihaknya bisa lebih fokus pada tujuan perusahaan. Sebab, Google berkata keputusannya itu sebagai "upaya untuk mempertajam fokus kami".

Menurut 9to5Google, klaim Google itu masuk akal, apalagi raksasa teknologi itu sedang mengedepankan efisiensi sumber daya perusahaan.

Setelah meresmikan kesepakatan, Google bakal membantu Squarespace dalam hal transisi pelanggan dalam beberapa bulan ke depan. Pasalnya, transaksi akuisisi baru akan ditutup pada kuartal III-2023.

"Squarespace dapat memberikan pengalaman terintegrasi dalam membeli dan mengelola domain, serta menawarkan alat lain yang mungkin diperlukan pelanggan untuk membangun eksistensi mereka di internet," ujar Google.

Baca juga: CEO Google Ungkap Alasan PHK 12.000 Karyawan

Menurut Squarespace, Google akan menutup pendaftaran domain dan bisnis hosting Domains setelah masa transisi akuisisi ditutup.

Bagi mereka yang sudah berlangganan Google Domains, Squarespace akan memperpanjang benefit yang didapatkan pelanggan, setidaknya sampai 12 bulan setelah transaksi ditutup.

Dengan begitu, pelanggan Google Domains tak perlu mengkhawatirkan atau melakukan perubahan apapun. Yang berubah adalah bahwa pelanggan Google Domains nantinya akan menjadi pelanggan Squarespace.

Google Domains sendiri memulai debutnya pada tahun 2015. Namun layanan ini hanya tersedia di Amerika Serikat selama tujuh tahun setelah rilis.

Baru pada tahun tahun 2022, Google memperluas layanannya itu ke 26 negara lainnya, hingga akhirnya dijual ke perusahaan lain sekarang.

Google tutup Stadia

Google tampaknya memang sedang berbenah, utamanya di tengah kondisi ekonomi yang sedang tidak menentu.

September 2022, raksasa teknologi itu mengumumkan rencana penutupan layanan cloud gaming Stadia, kemudian ditutup resmi 18 Januari lalu. Padahal, layanan tersebut baru dirilis tahun 2019.

Vice President and General Manager Stadia Phil Harrison dalam sebuah pengumuman yang diunggah di blog resmi Google mengatakan Stadia terpaksa harus ditutup karena kurang diminati oleh pengguna.

"Meski Stadia dibekali dengan teknologi mumpuni, layanan gaming tersebut ternyata belum mampu menggaet jumlah pengguna yang kami harapkan. Sehingga, kami memutuskan untuk mulai menghentikan layanan tersebut," ujar Phil, dikutip KompasTekno dari Google.com, Sabtu (17/6/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com