Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Jam Dirilis, Pengguna Threads Instagram Langsung Tembus 2 Juta

Kompas.com - 06/07/2023, 10:45 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com -  Aplikasi Threads resmi meluncur hari ini, Kamis (6/7/2023) pagi waktu Indonesia. Threads adalah aplikasi mirip Twitter buatan Meta, induk perusahaan Facebook, Instagram, dan WhatsApp.

Selang dua jam setelah dirilis, jumlah pengguna aplikasi Threads langsung tembus dua juta lebih. Hal itu disampaikan langsung oleh CEO Meta, Mark Zuckerberg di akun resmi Threads miliknya dengan handle @zuck.

“Threads baru saja melampaui dua juta pengguna yang mendaftar (sign up) di dua jam pertama,” tulis Zuck di Threads, Kamis (6/7/2023).

Baca juga: Threads, Aplikasi Mirip Twitter Buatan Pendiri Facebook Resmi

Tangkapan layar postingan Zuckerberg yang mengeklaim jumlah pengguna Threads tembus 2 juta setelah 2 jam dirilis.Threads/@zuck Tangkapan layar postingan Zuckerberg yang mengeklaim jumlah pengguna Threads tembus 2 juta setelah 2 jam dirilis.

Threads trending topic di Twitter

Threads tampaknya memang mendapat sambutan yang positif. Selain klaim Zuck, obrolan mengenai Threads juga ramai diperbincangkan di aplikasi pesaingnya, Twitter.

Berdasarkan pantauan KompasTekno, Kamis pagi, "Threads" menjadi trending topic Twitter di Indonesia. Setidaknya, sudah ada 427.000 kicauan soal Threads di Twitter, dan kemungkinan akan terus bertambah seiring berjalannya waktu.

Sejumlah pengguna memamerkan tampilan dan pengalaman mereka menjajal Threads. Beberapa di antaranya, ada yang memanfaatkan Twitter untuk mempromosikan akun Threads-nya.

Ada juga yang membandingkan Twitter dengan Threads, sambil menyindir Elon Musk terkait reaksinya terhadap peluncuran Threads melalui aneka meme (baca: mim) dan GIF.

Seperti yang disebut di atas, Threads memang punya kemiripan dengan platform mikroblogging berlogo “Larry Bird”. Mulai dari tampilan antarmuka, serta berbagai macam fitur yang ditawarkan.

Perbedaan keduanya yang paling mencolok terletak pada dominasi warna antarmuka yang digunakan Threads Instagram.

Aplikasi baru tersebut didominasi oleh warna hitam disertai dengan teks dan ikon berwarna putih. Sementara Twitter, tampilannya lebih beragam karena bisa memilih mode gelap dan terang, serta didominasi elemen warna biru.

Baca juga: Mengenal Threads, Aplikasi Media Sosial Baru Buatan Facebook yang Mirip Twitter

Ilustrasi tampilan aplikasi Threads yang sudah bisa dijajal pengguna Indonesia, Kamis (6/7/2023)KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Ilustrasi tampilan aplikasi Threads yang sudah bisa dijajal pengguna Indonesia, Kamis (6/7/2023)

Terlepas dari hal itu, keseluruhan tampilan Threads mirip dengan Twitter. Tampilan muka Threads akan berisi linimasa yang dipenuhi dengan unggahan berbasis teks dari pengguna lain. Pengguna tinggal menggulir layar dari bawah ke atas untuk melihat keseluruhan unggahan.

Pengguna juga bisa mengunggah foto, video, ataupun menautkan tautan (link) di postingannya.

Seperti Twitter pula, Threads memungkinkan pengguna menyukai, memberi komentar, memposting ulang (semacam retweet), dan berbagi konten lewat Direct Message, Instagram Stories, Feeds, bahkan ke platform Twitter.

Fitur-fitur seperti itulah yang membuat Threads kerap disandingkan dan disebut sebagai kompetitor baru dari Twitter.

Persyaratan bikin Threads

Tampilan dari aplikasi baru Meta yang mirip Twitter, Threads. Aplikasi ini sudah hadir di Indonesia dan dapat diunduh pada Kamis (6/7/2023)- Tampilan dari aplikasi baru Meta yang mirip Twitter, Threads. Aplikasi ini sudah hadir di Indonesia dan dapat diunduh pada Kamis (6/7/2023)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com