Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi Threads Pesaing Twitter Trending Nomor Satu di Twitter

Kompas.com - 06/07/2023, 09:12 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Threads, media sosial baru milik Meta yang dirancang mirip Twitter akhirnya dirilis ke publik. Aplikasi itu kini bisa diunduh pengguna dari toko aplikasi, baik App Store maupun Play Store.

Aplikasi itu dirilis ke publik sesuai dengan jadwal yang direncanakan Meta, yaitu hari ini, Kamis (6/7/2023). Meski baru hari ini dirilis, antusias pengguna akan Threads tampaknya cukup tinggi.

Euforia pengguna Threads bahkan sampai ke platform pesaingnya, Twitter. Topik Threads menjadi trending topik teratas di Twitter Indonesia. Padahal, aplikasi berlogo burung biru itu adalah media sosial saingan Threads.

Pantauan KompasTekno saat berita ini ditulis, ada 427.000 cuitan dengan topik Threads di twitter, dan terus bertambah seiring waktu.

Baca juga: Threads, Aplikasi Mirip Twitter Buatan Pendiri Facebook Resmi

Topik bahasan Threads, media sosial baru pesaing Twitter, menjadi trending topik di Twitter pada Kamis (6/7/2023) pagi, beberapa jam setelah peluncuran.Twitter Topik bahasan Threads, media sosial baru pesaing Twitter, menjadi trending topik di Twitter pada Kamis (6/7/2023) pagi, beberapa jam setelah peluncuran.
Sebagian pengguna memamerkan akun dan pengalaman pertama mereka menggunakan Threads. Tak jarang pula ditemukan pengguna yang meminta orang lain mengikuti Threads-nya melalui Twitter.

Adapun pengguna lainnya membandingkan Twitter dengan Threads bahkan menyindir bagaimana reaksi pemilik Twitter, Elon Musk ketika Threads resmi rilis ke publik, disertai aneka meme dan GIF.

Misalnya pengguna dengan handle @convomf dan @sarahnotserra, antarmuka Threads bagus dan tampak sederhana. Aspek ini juga yang membuat mereka menyukai Threads.

Ada pula yang merasa bingung dengan antarmuka Threads karena kelir konten teks dengan aneka ikon dibuat senada berwarna putih, sehingga menurut akun dengan handle @wilihandarwo, perlu dibuat sedikir perbedaan agar lebih jelas.

Terintegrasi dengan Instagram

Threads sudh bisa diunduh oleh pengguna Android maupun iOS. Setelah mengunduh aplikasi tersebut dan membukanya, pengguna nantinya akan disodori dengan halaman pembuatan akun.

Baca juga: Twitter Sudah Gak Seru? Cek 5 Aplikasi Alternatif Ini

Menariknya, pengguna bisa langsung menggunakan atau mengimpor informasi akun yang tersimpan di Instagram seperti nama akun, username, informasi bio, hingga tautan. Sehingga, mereka tak perlu repot-repot mengisi informasi dan data yang diperlukan untuk membuat akun Threads baru.

Ilustrasi aplikasi Threads yang sudah bisa dijajal di Indonesia.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi aplikasi Threads yang sudah bisa dijajal di Indonesia.

Adapun pengguna tampaknya tak bisa membuat akun Threads baru. Sebab, dalam uji coba KompasTekno, Threads tampaknya hanya akan menggunakan akun yang sudah terdaftar di Instagram.

Dengan kata lain, pengguna yang ingin membuat akun Threads harus membuat akun Instagram terlebih dahulu. Hal ini bisa terbilang wajar lantaran aplikasi ini hadir dengan slogan "Threads, an Instagram app".

Nah, setelah pembuatan akun tadi, pengguna bisa memilih untuk mengikuti (follow) akun-akun Threads yang juga mereka ikuti di Instagram. Apabila sudah, maka mereka akan disodori dengan tampilan utama Threads yang didominasi warna hitam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com