Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Riset Ookla: Telkomsel Operator Seluler Paling Ngebut di Indonesia

Kompas.com - 24/07/2023, 09:55 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Blog Ookla

KOMPAS.com - Telkomsel kembali dinobatkan sebagai operator seluler paling kencang di Indonesia. Hal ini diketahui dari hasil riset terbaru perusahaan penyedia layanan uji kecepatan internet, Ookla, untuk periode April—Juni 2023 atau kuartal-II 2023.

Dalam laporan yang diterbitkan Ookla, Telkomsel tercatat memiliki kecepatan rata-rata download sebesar 28,71 Mbps. Hasil tersebut berhasil membuat Telkomsel berada di peringkat pertama, melampaui operator lain yang beroperasi di Indoensia.

Setelah Telkomsel, peringkat kedua diduduki oleh XL Axiata dengan kecepatan 20,28 Mbps. Kemudian, peringkat ketiga disusul oleh Indosat Ooredoo 17,16 Mps, Smartfren 17,02 Mbps, dan Tri (3) diposisi terakhir dengan kecepatan rata-rata 16,80 Mbps.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah rincian kecepatan unduh rata-rata dari operator seluler di Indonesia, seperti yang dirangkum KompasTekno dari keterangan yang diterima Ookla, Jumat (21/7/2023).

Baca juga: Telkomsel Luncurkan Telkomsel One, Internet Rumah IndiHome dan Seluler dalam Satu Paket

  • Telkomsel: 28,71 Mbps
  • XL Axiata: 20,28 Mbps
  • Indosat Ooredoo: 17,16 Mbps
  • Smartfren 17,02 Mbos
  • Tri: 16,80 Mbps

Hasil temuan Ookla yang mencatat Telkomsel sebagai operator seluler yang memiliki rata-rata kecepatan download tertinggi di IndonesiaOokla Hasil temuan Ookla yang mencatat Telkomsel sebagai operator seluler yang memiliki rata-rata kecepatan download tertinggi di Indonesia

Peningkatan kecepatan

Bila dibandingkan dengan kuartal I-2023, terdapat beberapa perbedaan nilai rata-rata download yang dicapai oleh tiap operator seluler.

Ookla mencatat rata-rata kecepatan download Telkomsel ini meningkat dari kuartal sebelumnya yaitu 24,48 Mbps. XL Axiata yang berada di posisi kedua juga mengalami peningkatan kecepatan rata-rata dari kuartal-I 2023 lalu yaitu 19,90 Mbps menjadi 20,28 Mbps.

Selain perubahan nilai, terdapat juga perbedaan peringkat. Jika pada kuartal II-2023 Indosat Ooredoo berada di posisi ketiga, pada kuartal sebelumnya operator seluler tersebut berada di posisi keempat dengan kecepatan rata-rata 15,39 Mbps. Artinya, kecepatan download rata-rata Indosat juga meningkat.

Smartfren yang pada kuartal-I lalu berada di peringkat ketiga dengan kecepatan download rata-rata 16,48 Mbps, sebenarnya juga mengalami peningkatan kecepatan menjadi 17,02 Mbps.

Namun, angka tersebut masih di bawah Indosat sehingga Smartfren turun ke peringkat empat. Sementara Tri masih konsisten di peringkat bawah, meski kecepatan download rata-ratanya meningkat dari 14,36 Mbps menjadi 16,80 Mbps.

Baca juga: Telkomsel One Meluncur, IndiHome dan Orbit Tidak ke Mana-mana

Ilustrasi Internetist Ilustrasi Internet

Telkomsel unggul di angka latency

Selain bicara rata-rata kecepatan download, Telkomsel masih unggul dalam angka latency. Latency biasanya menjadi ukuran untuk melihat seberapa lama suatu data dikirimkan. Semakin rendah latency maka semakin baik.

Ringkasnya, semakin rendah atau kecil angka latensi sebuah internet, proses pengiriman data akan semakin baik dan cepat, atau bisa juga disebut dengan minim hambatan.

Angka latency Telkomsel paling rendah dibanding empat operator lainnya, yakni 46 ms. Posisi kedua disusul oleh Tri dengan nilai latensi 51 ms, Indosaat Oooredoo 55 ms, XL di angka 58 ms, dan terakhir Smartfren 59 ms.

Secara skeseluruhan, rata-rata kecepatan download di Indonesia berada di peringkat ke-99, naik tiga peringkat dibanding kuartal sebelumnya yang berada di posisi ke-101. Kecepatan rata-rata mobile di Indonesia adalah 22,99 Mbps (download), 13,10 Mbps (upload), disertai tingkat latensi 27 ms.

Ponsel dengan internet paling kencang

Ookla juga mencantutkan laporan yang lain terkait kecepatan internet di sejumlah smartphone. Laporan tersebut menemukan bahwa iPhone 14 Pro Max menduduki peringkat pertama untuk seluruh kategori dari rata-rata kecepatan download dan upload.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com