Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/08/2023, 15:01 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - TikTok menjadi platform untuk membagikan berbagai konten foto maupun video. Tak hanya untuk arsip pribadi dan hiburan semata, pengguna biasanya memanfaatkan Tiktok untuk membuat kreator hingga berbisnis.

Siapa pun dapat meraih engagement atau jangkauan ke beragam audiens. Kendati demikian pengguna TikTok tak jarang mengalami beberapa masalah.

Salah satunya menurunnya keterlebitan postingan konten TikTok Anda. Hal ini terjadi akibat postingan Anda yang sulit ditemukan maupun muncul di beranda pengguna.

Masalah ini biasanya dikatakan bahwa pengguna mengalami shadow ban atau shadow banned di TikTok. Bagi Anda yang masih asing dengan istilah ini, selengkapnya berikut ini KompasTekno merangkum pengertian dan penyebab akun terkena shadow banned di TikTok.

Baca juga: Cara Beli Pulsa di TikTok dengan Harga Lebih Murah

Apa itu shadow ban TikTok?

Dilansir laman Later, shadow ban di TikTok adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan tindakan platform TikTok dalam membatasi atau menyembunyikan visibilitas konten pengguna, secara tidak langsung tanpa memberikan pemberitahuan atau pemberitahuan jelas kepada pengguna.

Ketika seseorang mengalami shadow ban, konten yang diunggahnya mungkin tidak akan muncul di halaman utama pengikutnya. Selain itu konten ini tidak akan terlihat oleh pengguna lain dalam hasil pencarian atau fitur eksplorasi.

Shadow ban umumnya terjadi tanpa pemberitahuan untuk pengguna. Hal tersebut karena TikTok tidak merilis secara resmi penyebab pengguna mengalami shadow ban. Kendati demikian, pengguna bisa mengenali beberapa ciri ini apabila curiga akunnya telah di-shadow banned oleh TikTok.

Ciri-ciri shadow banned TikTok

Konten yang Anda unggah tidak terlihat di halaman utama atau hasil pencarian "FYP" (For Your Page)

Video yang Anda coba unggah mungkin tidak bisa dipublikasikan, dan ada pesan seperti "sedang ditinjau" atau "sedang diproses"

Jumlah "like", penonton, atau bagikan pada video Anda turun secara drastis

Jika Anda mengalami beberapa tanda ini, maka besar kemungkinan Anda terkena shadow banned di TikTok

Durasi waktu shadow ban TikTok sendiri tidak dicantumkan dalam platform TikTok. Namun beberapa kreator dan penggunna mengklaim shadow ban akan akan berlangsung selama dua minggu bahkan lebih. Hal ini juga tergantung pada faktor atau penyebab akun TikTok di-shadow ban.

Penyebab shadow ban TikTok

Dilansir dari platform resminya TikTok mengemukakan bahwa shadow banned sementara atau permanen akun terjadi karena pengguna terlibat pelanggaran berulang pada pada platform TikTok. Beberapa pelanggaran terulang itu bisa jadi karena beberapa faktor berikut ini:

Memposting konten dewasa

Memposting konten dewasa tentu termasuk dalam kategori "terlarang" di Pedoman Komunitas TikTok. Ini termasuk unsur pornografi atau konten seksual yang eksplisit dan ini tentu dilarang dan tidak sesuai dengan pedoman TikTok.

Penindasan atau pelecehan

Postingan yang mengandung perundungan, kebencian, maupun konten yang berisiko melukai seseorang. Akun ini juga berlaku pada akun yang tak hanya memposting tapi juga mengomentari atau membagikan apa pun yang mengandung unsur kebencian dan tidak sesuai pedoman TikTok.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com