Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Baru di Android 14 Ini "Ditiru" Google dari Samsung

Kompas.com - Diperbarui 25/09/2023, 08:48 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber SamMobile

KOMPAS.com - Sistem operasi Android 14 versi stabil diperkirakan akan meluncur pada Oktober mendatang, bersamaan dengan peluncuran Google Pixel 8. Android 14 membawa sejumlah fitur baru yang sebelumnya absen di Android 13.

Salah satu fitur anyar tersebut, ternyata "ditiru" Google dari Samsung. Fitur tersebut adalah "Maintenance Mode".

Fitur Maintenance Mode di smartphone Samsung, membantu pengguna mengamankan semua informasi pribadinya saat ponsel mengalami kerusakan.

Fitur ini dapat digunakan untuk melindungi data-data pribadi sebelum ponsel diberikan ke tim teknisi untuk diperbaiki.

Pengguna dapat memblokir akses ke galeri foto, pesan, serta daftar kontak. Sehingga, meski ponsel milik pengguna ada di tangan tim teknisi, data tersebut tetap aman.

Nah, di Android 14 fitur ini diberi nama Repair Mode. Fitur ini bisa diaktifkan ketika ponsel akan diperbaiki oleh teknisi. Fitur ini sudah hadir di Android 14 versi QPR1 Beta 1.

Baca juga: 5 Fitur Baru Android 14 yang Diumumkan di Google I/O 2023

Kendati punya fungsi yang sama, teknologi yang digunakan untuk menjaga data penggunanya sedikit berbeda.

Dirangkum KompasTekno dari Android Authority, Minggu (24/9/2023), Google memakai sistem DSU (Dynamic System Updates/Pembaruan Sistem Dinamis). Sistem ini sudah diperkenalkan sejak Android 10.

Secara teknis, DSU adalah fitur yang memungkinkan perangkat mengunduh GSI (Generic System Image) ke dalam prangkat, melakukan booting dan membuat partisi baru.

Biasanya, pengembang aplikasi (developer) menjalankan GSI untuk menguji coba aplikasinya. Mudahnya, dengan sistem ini, perangkat akan menjalankan sistem operasi layaknya ponsel baru.

Konsep dan cara kerja ini sama seperti factory reset. Ponsel akan seolah-olah seperti perangkat baru, terdiri dari aplikasi bawaan saja. Padahal, di dalamnya data-data pengguna sudah disembunyikan.

Baca juga: Android 14 Beta Meluncur, Ini Daftar HP yang Kebagian

Tujuannya ketika tim teknisi melakukan pengecekan atau perbaikan apapun, data atau informasi pribadinya tidak dapat diakses, kecuali fitur Repair Mode sudah dinonaktifkan.

Repair Mode di Android 14 tampaknya masih dalam tahap penyempurnaan. Dengan adanya fitur ini, pengguna Android selain Samsung bisa memiliki lapisan keamanan yang lebih ketat.

Kebaruan ini juga menunjukkan bahwa Google berfokus pada keamanan dan kenyamanan data penggunanya. Bila Anda tertarik mengetahui smartphone mana saja yang kebagian update pertama Android 14, bisa simak artikel “Android 14 Beta Meluncur, Ini Daftar HP yang Kebagian

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com