Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Fitur iPhone 15 yang Sebelumnya Sudah Ada di Android

Kompas.com - 14/09/2023, 13:00 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apple meluncurkan iPhone 15 series, Rabu (13/9/2023) dini hari waktu Indonesia. Smartphone penerus iPhone 14 ini hadir dalam empat model, antara lain iPhone 15 "reguler", iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max.

iPhone 15 membawa sejumlah pembaruan, salah satunya yaitu dukungan USB-C yang untuk pertama kalinya dipasang di iPhone. Selain itu, iPhone 15 Pro juga dibalut dengan material titanium, bukan lagi stainless steel seperti pendahulunya.

Meski terbilang baru bagi iPhone, fitur-fitur tersebut sudah sejak lama ada di smartphone Android. Karenanya, beberapa fitur itu seolah disontek Apple dari Android.

Bukan hanya USB-C, beberapa fitur lainnya juga tampak ditiru Apple dari Android. Apa saja fiturnya? Berikut daftarnya.

USB-C

USB-C untuk pertama kalinya ditanam di iPhone melalui lini seri iPhone 15. Sebelumnya, jajaran iPhone lintas generasi memakai port Lighting dan Apple mempertahankannya sampai iPhone 14 series yang rilis tahun lalu.

Baca juga: Setelah 11 Tahun, Colokan iPhone Lightning Akhirnya Pensiun

Peralihan dari Lightning ke USB-C di iPhone 15 didorong oleh regulasi Komisi Uni Eropa yang mewajibkan semua produk elektronik termasuk smartphone, tablet, konsol game dan lainnta memakai USB-C Aturan itu mulai berlaku sekitar September 2024 di Eropa.

Menurut Apple, USB-C di iPhone 15 Pro dan Pro Max menawarkan kecepatan transfer data sampai 10 Gbps berkat dukungan standar USB 3.

Adapun di iPhone 15 dan iPhone 15 Pro hanya didukung USB standar 2, jadi kecepatan transfernya hanya sampai 480 Mbps.

Port USB-C di Apple iPhone 15Apple Port USB-C di Apple iPhone 15

Di Android, USB-C sudah bukan lagi hal baru, bahkan sudah diadopsi sejak lama. Smartphone Android pertama yang memakai USB-C yaitu dari merek LeEco, tipe Le 1 dan Le Max pada tahun 2016, saat Android masih dalam versi 5.0 alias Android Lollipop.

Namun merek LeEco kemudian bangkrut setelah beberapa tahun eksis. Meski demikian, merek ponsel Android lainnya juga mengadopsi USB-C ke ponselnya, termasuk LG, HTC dan Samsung.

Smartphone flagship Samsung, Galaxy S23 series bahkan menawarkan USB-C dengan kecepatan transfer data sampai 20 Gbps.

Kamera periskop

Peningkatan lainnya dari iPhone 15 series yaitu hadirnya kamera periskop, khusus untuk iPhone 15 Pro Max.

Baca juga: 5 Fitur Baru iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max, Tak Ada Tombol “Silent”

Kamera periskop di iPhone 15 Pro Max menawarkan kemampuan zoom optik sampai 5 kali. Dukungan ini meningkat dibanding zoom telefoto 3 kali yang ditawarkan di iPhone generasi sebelumnya, bahkan menjadikannya setara dengan Google Pixel 7 Pro.

Warna-warna iPhone 15 pro.Apple Warna-warna iPhone 15 pro.

Di Android, dukungan periskop sudah diadopsi oleh Huawei melalui smartphone P30 Pro yang rilis tahun 2019. Seiring waktu, banyak pula merek smartphone Android yang mengadopsi kamera tersebut, termasuk Samsung untuk Galaxy S23 Ultra yang menawarkan kamera telefoto periskop dengan zoom optik sampai 10 kali.

Rekam video 3D

Apple juga menghadirkan kemampuan perekaman video 3D atau disebut Apple video "spatial". Untuk merekam video tiga dimensi, duo iPhone 15 Pro mengerahkan kamera utama dan kamera ultra wide sekaligus.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com