Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Fitur Unggulan Samsung S23 FE, Ada Kamera Flagship Warisan Galaxy S23 dan Z Fold

Kompas.com - 16/10/2023, 10:25 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Smartphone Samsung Galaxy S23 FE (Fan Edition) akhirnya sudah tersedia dan bisa dibeli di Indonesia. Adapun harga Samsung S23 FE di Indonesia mulai Rp 9 juta.

Dengan harga segitu, ponsel ini mewarisi beberapa fitur dari lini flagship Galaxy S23 yang dijual mulai Rp 13 juta sejak rilis awal tahun.

Dengan harga yang lebih murah Rp 4 juta, apa saja fitur flagship yang dibawa Samsung Galaxy S23 FE 5G ini? Ikuti pembahasan singkatnya berikut ini.

1. Kamera 50 MP dengan OIS

Samsung Galaxy S23 FE mengadopsi DNA Galaxy S23 series, yakni memiliki tiga kamera boba alias tanpa penampang yang disusun vertikal dan dibenamkan langsung di bodi belakang. Ketiga kamera tersebut terdiri dari kamera utama 50 MP, kamera ultrawide 12 MP (f/2.2), dan kamera telefoto 8 MP (f/2.4, zoom optis 3x). KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Samsung Galaxy S23 FE mengadopsi DNA Galaxy S23 series, yakni memiliki tiga kamera boba alias tanpa penampang yang disusun vertikal dan dibenamkan langsung di bodi belakang. Ketiga kamera tersebut terdiri dari kamera utama 50 MP, kamera ultrawide 12 MP (f/2.2), dan kamera telefoto 8 MP (f/2.4, zoom optis 3x).
Salah satu fitur flagship unggulan Galaxy S23 Fan Edition adalah kamera utama 50 MP. Resolusi ini naik dari sebelumnya 12 MP di Galaxy S21 FE (2022).

Bukan hanya angka megapiksel-nya yang meningkat, Samsung turut menyematkan sensor kamera flagship warisan Galaxy S23 di Galaxy S23 FE.

Menurut laporan GSMArena, sensor tersebut adalah Samsung S5KGN3. Sensor kamera beresolusi 50 MP ini berukuran 1/1.57 inci dengan ukuran piksel 1 μm (mikron). Sensor kamera ini memiliki bukaan lensa (aperture) 1.8.

Kamera 50 MP Samsung S23 FE juga sudah dilengkapi stabilisasi gambar digital (VDIS) dan penstabil gambar optik (OIS) di kamera utama, serta fitur Nightography khas ponsel flagship Samsung.

Kamera 50MP itu ditemani kamera ultrawide 12 MP (f/2.2), dan kamera telefoto 8 MP (f/2.4, zoom optis 3x).

Baca juga: Ini Alasan Samsung Galaxy S23 FE Versi Indonesia Pakai Chipset Exynos, Bukan Snapdragon

2. Kamera selfie dengan sensor Galaxy Z Fold

Kamera depan Galaxy S23 FE beresolusi 10 MP, menggunakan sensor dari Samsung foldable series, dan dilengkapi dengan opsi rona warna.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Kamera depan Galaxy S23 FE beresolusi 10 MP, menggunakan sensor dari Samsung foldable series, dan dilengkapi dengan opsi rona warna.
Fitur flagship lain yang dibawa Galaxy S23 FE adalah kamera selfie 10 MP dengan sensor warisan dari ponsel lipat (foldable phone) Galaxy Z Fold series.

Resolusi itu sebenarnya turun dari resolusi kamera selfie Samsung Galaxy S21 FE yaitu 32 MP. Namun, Samsung menyebut bahwa kamera depan ponsel Galaxy S23 FE tetap naik kelas, terutama dari aspek ukuran sensor dan ukuran piksel.

Kini, Samsung S23 menggunakan sensor kamera depan warisan foladable, yakni Sony IMX374. Sensor kamera ini berukuran 1/3 inci dengan ukuran piksel sebesar 1,22µm (mikron).

Sebelumnya, Samsung Galaxy S21 FE memiliki kamera selfie 32 MP dengan sensor Sony IMX616. Sensor tersebut berukuran 1/2.8 inci dengan ukuran piksel 0,8 mikron.

Dengan ukuran piksel yang lebih besar, kamera depan Samsung Galaxy S23 FE juga semakin bisa menangkap lebih banyak cahaya, sehingga foto bisa lebih terang dan detail.

Selain itu, kata Samsung, dengan sensor baru dan ukuran piksel yang lebih besar, kamera depan Galaxy S23 FE akan jauh lebih baik dalam hal resolusi warna.

Kamera selfie Samsung S23 FE kini dilengkapi dengan dua opsi rona warna alis color tone, yakni warm (hangat) dan natural. Pengguna bisa memilih nuansa selfie sebelum menjepret.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com