Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PS5 Reguler dan PS5 Slim Disandingkan, Beda Ukurannya Kentara

Kompas.com - 01/11/2023, 15:05 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Pada awal Oktober lalu Sony memperkenalkan PlayStation 5 Slim (PS5 Slim) dan akan dijual pada November ini. PS5 Slim merupakan model terbaru PS5 dengan desain dan ukuran yang lebih ramping.

Meski belum dijual, penampakan nyata PS5 Slim sudah beredar di dunia maya. Bahkan, seorang pengguna dengan handle @phantompainss di X (dahulu Twitter) tampaknya sudah memiliki konsol PS5 dengan desain baru tersebut.

Ia lantas membandingkan ukuran PS5 Slim dengan konsol PS5 "reguler" yang meluncur sekitar November 2020 lalu.

Dalam beberapa gambar yang ia bagikan di X, bisa dilihat bahwa PS5 dengan desain baru ini, atau bisa kita sebut PS5 Slim, memang lebih kecil dan ramping dibanding PS5 model biasa.

Perbandingan dimensi ketebalan PS5 model lama (kiri) dan model baru (kanan).x.com/phantompainss Perbandingan dimensi ketebalan PS5 model lama (kiri) dan model baru (kanan).
Pada gambar di atas, misalnya, konsol PS5 Disc Edition model lama (kiri) tampak jauh lebih tebal dibanding PS5 Slim Disc Edition (kanan).

Hal ini terbilang wajar lantaran dimensi ketebalan PS5 Slim berkisar di angka 96 mm, lebih tipis dibanding PS5 model lama dengan 104 mm.

Selain lebih tipis, PS5 Slim juga ternyata lebih pendek dibanding PS5 model lama, sebagaimana tampak pada gambar di bawah ini.

Baca juga: Game Marvels Spider-Man 2 PS5 Sudah Bisa Dibeli di Indonesia, Ini Harganya

Hal ini juga terbilang wajar karena tinggi PS5 Disc Edition model anyar (dalam posisi vertikal) berada di angka 358 mm, lebih pendek dari PS5 Disc Edition model lama dengan 390 mm.

Selain lebih ramping dan kecil, bobot PS5 Disc Edition model baru juga lebih ringan dengan 3,2 kg. PS5 Disc Edition model lama memiliki bobot sekitar 4,5 kg.

Ukuran dan tinggi PS5 model lama (kiri) dan model baru (kanan).x.com/phantompainss Ukuran dan tinggi PS5 model lama (kiri) dan model baru (kanan).

Karena bobotnya lebih ringan, dudukan horizontal untuk PS5 Slim juga lebih kecil dari PS5 model lama, seperti gambar yang dibagikan akun X @phantompainss di atas, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TheVerge, Rabu (1/11/2023).

Sebelumnya, Sony sempat mengeklaim bahwa PS5 Slim dibuat lebih kecil hingga 30 persen, dan bobot lebih ringan hingga 24 persen.

Di atas kertas dan dalam posisi horizontal, PS5 Slim varian Disc Edition memiliki dimensi lebar 358 mm, tinggi 96 mm, ketebalan 216 mm dengan bobot 3,2 kg.

Di sisi lain, PS5 Digital Edition teranyar punya dimensi lebar 358 mm, tinggi 80 mm, ketebalan 216 mm, dengan bobot 2,6 kg. Bobot PS5 Digital Edition meningkat menjadi 3,2 kg apabila pengguna memasangkan laci cakram.

Sebagai perbandingan, PS5 Disc Edition model sebelumnya mempunyai dimensi lebar 390 mm, tinggi 104 mm, ketebalan 260 mm, dengan bobot 4,5 kg.

Sementara itu, PS5 Digital Edition yang ada di pasaran memiliki dimensi lebar 390 mm, tinggi 92 mm, dan ketebalan 260 mm, dengan bobot 3,9 kg.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com