Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PlayStation Portal mulai Dijual 15 November, Pre-order Dibuka

Kompas.com - 01/09/2023, 09:40 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Engadget

KOMPAS.com - Sony resmi mengumumkan tanggal perilisan perangkat gaming portabel terbarunya, yakni PlayStation Portal. Perangkat genggam (handheld) itu akan mulai dijual pada 15 November 2023.

Sesi pemesanan awal (pre-order) PlayStation Portal juga sudah dibuka bagi pengguna di wilayah Amerika Serikat, Inggris Raya, Prancis, Jerman, Benelux, Spanyol, Portugal, Italia, dan Australia.

Sementara itu, pre-order di area Kanada dan Jepang akan dibuka pada 29 September.

Pre-order PlayStation Portal dapat dilakukan secara eksklusif di situs PlayStation Direct. Untuk harga PlayStation Portal, handheld gaming ini dibanderol harga 199.99 dollar AS (sekitar Rp 3 juta).

Baca juga: Beda PlayStation Portal dari Konsol Genggam Lain, Tak Bisa Install Game

Pengguna hanya dibatasi untuk membeli satu unit PlayStation Portal, karena faktor permintaan yang tinggi.

Apa itu PlayStation Portal

PlayStation Portal merupakan perangkat handheld yang berbeda dengan konsol game biasa, karena digunakan khusus untuk bermain game PlayStation 5 (PS5) secara streaming.

Dengan kata lain, pengguna PlayStation Portal tidak bisa mengunduh dan memasang (install) game di dalam perangkat. Pengguna PlayStation Portal hanya bisa memainkan game yang sudah terinstal di PS5 yang dimiliki, melalui koneksi internet.

Dari segi desain, perangkat pelengkap PS5 ini memiliki tampilan yang mirip dengan Nintendo Switch. PlayStation Portal mempunyai layar besar yang diapit oleh dua sisi gamepad atau controller.

PlayStation PortalPlayStation PlayStation Portal

Layar LCD tersebut memiliki bentang 8 inci, dan dapat menampilkan gambar beresolusi 1.080 piksel dengan frame rate 60 FPS. Panel ini didukung oleh touchpad virtual yang bisa dimunculkan dengan mengetuk sudut bawah layar.

Beralih ke gamepad, PlayStation Portal dibekali stik PS5 yang mendukung efek getaran haptic feedback dan adaptive triggers, sehingga memberikan efek feedback, misalnya ketika menggunakan senjata busur panah di dalam game.

Baca juga: Sony Umumkan PlayStation Portal, Perangkat Genggam untuk Streaming Game PS5

PlayStation Portal juga dilengkapi PlayStation Link, yakni teknologi wireless yang dirancang untuk memberi latensi yang rendah, dan lossless audio. Ada pula jack audio 3,5 mm.

Akan tetapi, PlayStation tidak dibekali dengan koneksi Bluetooth, sehingga pengguna tidak dapat menggunakan headphone nirkabel (wireless) biasa atau perangkat sejenisnya.

Fitur lainnya, seperti kapasitas daya baterai, belum diungkap oleh Sony.

Kecepatan internet minimum

Jika ingin memainkan game, PlayStation Portal wajib terkoneksi dengan jaringan internet Wi-Fi yang stabil, agar pengalaman main game PS5 lebih mulus. Konsol PS5 juga harus selalu dalam keadaan menyala.

Sony menyarankan, kecepatan internet minimum yang layak digunakan untuk main game di PlayStation Portal adalah 5 Mbps. Sementara itu, kecepatan internet yang direkomendasikan adalah 15 Mbps.

Baca juga: Sony Umumkan Project Q, Perangkat Handheld Pelengkap PS5

Ketika bepergian ke luar rumah, pengguna bisa memanfaatkan PlayStation Portal dengan Wi-Fi publik. Akan tetapi, kualitas koneksi internetnya tidak terjamin, sehingga berpotensi mengganggu pengalaman bermain pengguna.

Sebagai catatan, meski PlayStation Portal dibuat untuk main game secara streaming, perangkat ini tidak bisa digunakan, untuk memainkan game melalui layanan berlangganan cloud gaming PlayStation Plus (PS Plus Premium).

Artinya, game yang dimainkan di PlayStation Portal harus benar-benar terinstal di konsol PS5 milik pengguna, sebagaimana dikutip KompasTekno dari Engadget, Jumat (1/9/2023).

Game yang membutuhkan headset VR seperti PlayStation VR (PS VR) dan PlayStation VR2 (PS VR2), atau aksesori di luar controller DualShock, DualSense, dan DualSense Edge, tidak kompatibel dengan PlayStation Portal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com