Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"AI" Jadi Kata Tahun Ini Versi Collins Dictionary

Kompas.com - 02/11/2023, 10:40 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber BBC,Euro news

KOMPAS.com - Penerbit kamus kenamaan, Collins Dictionary, menetapkan AI, singkatan dari artificial intelligence alias kecerdasan buatan, sebagai "kata tahun ini". Artinya, AI menjadi kata yang paling terkenal pada tahun 2023.

AI belakangan memang menjadi topik pembicaraan di berbagai belahan dunia. Bahkan, menurut Collins, penggunaan istilah AI naik sampai empat kali lipat pada tahun ini.

"Kami mengerti bahwa AI sudah menjadi fokus besar tahun ini karena perkembangannya dan dengan cepat ada di mana-mana serta tertanam di kehidupan kita seperti e-mail, streaming, atau teknologi lain yang dulu terasa futuristik, tetapi kini menjadi teknologi sehari-hari," kata Direktur Pelaksana Collins, Alex Beecroft.

Pengumuman AI sebagai kata tahun ini disampaikan Collins ketika Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak menjadi tuan rumah pertemuan yang dihadiri 100 pemimpin dunia, eksekutif teknologi, dan peneliti AI.

Baca juga: Ancaman AI Jahat Mengintai dari Korea Utara

Dalam pertemuan itu, mereka membahas cara terbaik untuk memaksimalkan manfaat AI sekaligus meminimalisasi risikonya.

Adapun penentuan AI sebagai kata tahun ini didasarkan pada pilihan para leksikografer alias ahli kamus.

Menurut Collins, mereka berperan menganalisis Collins Corpus, yaitu database yang berisi lebih dari 20 miliar kata yang dihimpun dari materi tertulis di situs web, surat kabar, majalah, dan buku yang diterbitkan di seluruh dunia.

Selain materi berbasis teks, Collins Corpus juga mengacu pada materi lisan di radio, TV, dan percakapan sehari-hari.

Selain AI, Collins juga menghimpun "kata tahun ini" lainnya, antara lain "Nepo Baby", "Greedflation", serta "Bazball".

Nepo baby adalah istilah untuk seorang anak anak dari figur publik, khususnya di industri hiburan yang kariernya diyakini bakal maju seperti orangtuanya.

Greedflation adalah istilah yang merujuk pada penggunaan inflasi sebagai alasan untuk menaikkan harga ke level yang begitu tinggi demi keuntungan perusahaan.

Sementara itu, Bazball merupakan istilah untuk gaya tes kriket, di mana pihak yang memukul bermain dengan cara yang begitu agresif.

Baca juga: Dell: Peluang Generative AI di Enterprise Masih Terbuka Lebar

Setiap tahunnya, Collins menganalisis kata yang paling populer. Tahun lalu, kata "Permacrisis" dinobatkan Collins sebagai kata tahun 2022. Permacrisis berarti periode ketidakstabilan dan ketidakamanan yang berkepanjangan.

Aset digital Non-Fungible Token atau NFT juga pernah ditetapkan sebagai kata yang paling populer pada tahun 2021. Adapun tahun 2020, di mana pandemi berlangsung, kata yang paling populer menurut Collins adalah "Lockdown", dihimpun KompasTekno dari BBC.

Robot AI jadi kepala sekolah

Perkembangan AI belakang memang begitu masif. Tak hanya di industri teknologi, AI kini bisa ditemukan di aneka sektor termasuk pendidikan.

Halaman:
Sumber BBC,Euro news
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com