Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tips Buat Video IG Reels saat Liburan biar Menarik

Kompas.com - 29/12/2023, 17:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Liburan Natal dan tahun baru 2024 tak lengkap rasanya jika tidak mengabadikan momen dan kegiatan dengan video dan berbagi ke media sosial. Salah satunya dengan membuat video durasi singkat menarik lewat Instagram Reels.

Instagram Reels (IG Reels) memungkinkan pengguna mengunggah berbagai video singkat yang bisa dikolaborasikan dengan musik-musik yang sedang trending. Selain itu dengan mengunggah IG Reels juga bisa digunakan untuk arsip pribadi.

Namun sebelum mengunggah video-video liburan Natal dan tahun baru, adakalanya untuk mengemas video dengan apik dan menarik. Nah bagi Anda yang ingin membuat video IG Reels saat liburan, selengkapnya berikut ini beberapa tips yang bisa dicoba.

Baca juga: Cara agar Video IG Reels Kita Tidak Bisa Diunduh lewat fitur “Download” IG

Perhatikan pengambilan sudut merekam video

Instagram Reels dirancang untuk ditampilkan dalam format vertikal. Pastikan Anda merekam video dengan orientasi vertikal (9:16) agar sesuai dengan tata letak Instagram Reels.

Maka dari itu Anda harus kreatif dalam membuat sudut pengambilan merekam video agar objek yang dituju dapat terekam dengan optimal. Pilih mode penuh layar ketika merekam video di Instagram Reels untuk memaksimalkan penggunaan ruang layar dan memberikan tampilan yang lebih mendalam.

Gunakan alat bantu tripod/stabilizer

Jika memungkinkan gunakan alat bantu dalam merekam video. Salah satunya menggunakan tripod untuk menjangkau pengambilan video lebih luas. Anda juga bisa memanfaatkan stabilizer untuk pengambilan video yang lebih stabil.

Ambil video di waktu yang tepat

Meskipun saat liburan biasa biasanya tak mengenal waktu, namun terdapat beberapa waktu yang tepat dalam pengambilan video. Beberapa di antaranya pagi dan sore.

Cahaya pada saat ini biasanya lebih lembut dan memberikan warna yang hangat. Hindari cahaya matahari langsung yang dapat menciptakan bayangan yang keras.

Buat konsep cerita di video

Konsep storytelling menjadi salah satu hal yang membuat menarik sebuah konten. Maka dari itu Anda bisa membuat video IG Reels liburan dengan membuat konsep cerita yang menarik.

Sebelum merekam video, cobalah untuk membuat kerangka cerita sehingga sudut pandang yang digunakan saat mengambil rekaman lebih pas dan membuat video lebih bercerita.

Memanfaatkan berbagai aplikasi edit video

Setelah selesai mengambil berbagai rekaman video, saatnya memanfaatkan berbagai aplikasi edit video. Anda bisa memanfaatkan aplikasi CapCut, Canva, InShot, dan lain sebagainya untuk mengedit kompilasi video lebih menarik.

Tambahkan musik yang sedang tren

Saat menggunggah video IG Reels tahap selanjutnya menambahkan video dengan salah satu musik yang tersedia di daftar musik IG Reels. Menambahkan musik yang sedang tren dapat menambah estetik video yang diunggah. Apabila Anda seorang kreator konten, tambahkan musik yang sedang populer sehingga bisa meningkatkan keterlibatan audiens.

Tambahan dubbing audio dan teks pada video

Selain menambahkan musik pada video, kreator bisa menambahkan teks pada video untuk memperjelas dubbing atau suara Anda yang sedang dubbing di video. Tips satu ini bisa menambah kesan menarik video Instagram Reels Anda.

Itulah beberapa tips membuat video IG Reels liburan agar lebih menarik. Semoga bermanfaat. Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno.

Baca juga: Cara Download IG Reels Tanpa Aplikasi Ketiga, Praktis dan Cepat

Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com