Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Urutan 5 di Daftar Negara Paling Banyak Download Aplikasi

Kompas.com - 12/01/2024, 19:11 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Data.ai

KOMPAS.com - Pengguna smartphone di Indonesia ternyata doyan mengunduh alias download aplikasi. Indonesia bahkan masuk dalam lima negara terbesar di dunia yang paling sering download aplikasi.

Klaim itu didasarkan pada riset dari platform analisis data mobile, Data.ai atau dahulu dikenal sebagai App Annie.

Menurut riset Data.ai, Indonesia menempati peringkat kelima dari daftar negara yang warganya paling sering mengunduh aplikasi. Sepanjang tahun 2023, total unduhan aplikasi dari perangkat mobile di Indonesia mencapai 7,56 miliar.

 Baca juga: Riset: Orang Indonesia Rata-rata Main HP 6 Jam Sehari

Angka itu membuat Indonesia bertahan di peringkat kelima dari daftar negara yang paling sering download aplikasi versi Data.ai. Sebab, pada tahun 2022 dan tahun 2021, Indonesia juga menempati peringkat yang sama.

Meski begitu, pertumbuhannya terlihat dinamis. Pada tahun 2021 misalnya, jumlah unduhannya sampai 7,31 miliar. Kemudian pada tahun 2022 jumlahnya meningkat menjadi 7,7 miliar.

Nah, bila dibandingkan antara tahun 2022 dengan 2023, jumlah unduhannya menurun sekitar 140 juta. Namun Data.ai tak merinci penyebab penurunan unduhan masing-masing negara.

Negara lainnya yang masuk dalam 5 negara paling sering download yaitu China dan India. China menempati peringkat pertama dengan total unduhan mencapai 113 miliar pada tahun 2023.

Baca juga: Cara Menonaktifkan Auto Download di WhatsApp Desktop

Sementara India berada di peringkat kedua dengan total unduhan sampai 26 miliar pada tahun yang sama. Berikut daftar lengkapnya.

5 negara yang paling sering download aplikasi 2023

  • China - 113 miliar
  • India - 26,4 miliar
  • Amerika Serikat - 12,5 miliar
  • Brasil - 10,2 miliar
  • Indonesia - 7,5 miliar

Daftar negara yang paling sering download aplikasi 2023 versi Data.aiData.ai Daftar negara yang paling sering download aplikasi 2023 versi Data.ai

Perlu dicatat bahwa data unduhan di atas dihimpun Data.ai dari lintas platform, termasuk iOS, Google Play serta toko aplikasi Android pihak ketiga di China.

Adapun secara umum pertumbuhan download aplikasi baru di seluruh dunia pada tahun 2023, menurut riset Data.ai, mencapai 257 miliar. Hanya naik 1 persen dibanding tahun lalu (year-on-year/YoY).

Bila dianalogikan, ada lebih dari 498.000 aplikasi diunduh setiap menitnya selama tahun 2023, dihimpun KompasTekno dari laporan Data.ai, Jumat (12/1/2024).

Orang Indonesia suka nonton video

Data.ai juga merangkum waktu yang dihabiskan pengguna di perangkat mobile termasuk smartphone. Menurut riset Data.ai pada tahun 2023, orang Indonesia suka menghabiskan waktunya di aplikasi berbagi video Youtube dan aplikasi berbagi video singkat TikTok.

Di sepanjang tahun 2023, total waktu yang dihabiskan orang Indonesia di Youtube, sampai 69,9 miliar jam, naik 3 persen dibanding tahun lalu. Adapun total waktu yang dihabiskan orang Indonesia di TikTok sampai 64,8 miliar jam, naik 33 persen YoY.

Aplikasi lain yang paling sering dipakai orang Indonesia yaitu WhatsApp (59,1 miliar jam), Instagram (28,4 miliar jam) dan peramban Chrome (26,6 miliar jam).

Namun perlu diketahui bahwa data ini dihimpun Data.ai dari platform Android, tidak termasuk iOS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com