Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjajal Samsung Galaxy S24 Ultra, Punya Kamera Baru dan AI

Kompas.com - 19/01/2024, 17:01 WIB
Oik Yusuf

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jajaran ponsel Galaxy S24 Series dari Samsung telah resmi meluncur. Seperti biasa, terdapat model dalam lini smartphone flagship tersebut, yakni Galaxy S24, Galaxy S24 Plus, dan Galaxy S24 Ultra.

Dari ketiganya, Galaxy S24 Ultra mengusung peningkatan paling signifikan. Perangkat yang menduduki urutan teratas dalam hierarki ponsel Samsung ini bukan hanya mengusung desain yang berbeda, tapi juga dibekali kamera baru dan fitur-fitur AI.

Layar jadi flat, lebih nyaman untuk S Pen

Layar Galaxy S24 Ultra kini flat alias rata, tidak curved seperti pendahulunyaKOMPAS.com/ ANTONIUS ADITYA MAHENDRA Layar Galaxy S24 Ultra kini flat alias rata, tidak curved seperti pendahulunya
Salah satu perubahan paling kentara di sisi desain Galaxy S24 Ultra adalah layarnya yang kini menjadi flat, alih-alih melengkung alias curved di sisi kanan dan kiri seperti flagship sebelumnya, Galaxy S23 Ultra.

Menurut MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia, Verry Octavianus, layar flat tersebut dimaksudkan agar pengguna bisa lebih nyaman memakai stylus S-Pen di Galaxy S24 Ultra.

Baca juga: Video: Mengupas Kamera Baru dan Fitur AI Samsung Galaxy S24 Ultra

"Selain itu, karena flat, tampilan layar secara keseluruhan juga jadi terlihat lebih lega," ujar Verry ketika ditemui KompasTekno di sela acara Samsung Galaxy Unpacked di Jakarta, Rabu (17/1/2024).

Galaxy S24 Ultra memang turut datang dengan S Pen yang disimpan di dalam kompartemen khusus di sisi bawah. Pena stylus ini digunakan untuk menulis dan menggambar di layar sekaligus menjalankan berbagai fungsi secara wireless, termasuk menjepret foto.

Layar Galaxy S24 Ultra menggunakan panel Dynamic AMOLED 2x (QHD Plus, 1-120 Hz) dengan tingkat kecerahan maksimal 2.600 nits. Kaca pelindungnya menggunakan Corning Gorilla Armor terbaru.KOMPAS.com/ ANTONIUS ADITYA MAHENDRA Layar Galaxy S24 Ultra menggunakan panel Dynamic AMOLED 2x (QHD Plus, 1-120 Hz) dengan tingkat kecerahan maksimal 2.600 nits. Kaca pelindungnya menggunakan Corning Gorilla Armor terbaru.

Layar Galaxy S24 Ultra sendiri masih menggunakan panel Dynamic AMOLED 2X (QHD) dengan refresh rate adaptif 1-120 Hz, tapi tingkat kecerahan maksimalnya kini meningkat jadi 2.600 nits. Samsung juga melapisinya dengan kaca pelindung baru, Corning Gorilla Armor.

Rangka titanium diklaim paling tangguh

Rangka atau frame Galaxy S24 Ultra menggunakan bahan logam titanium sehingga diklaim menjadi ponsel tertangguh yang pernah dibuat SamsungKOMPAS.com/ ANTONIUS ADITYA MAHENDRA Rangka atau frame Galaxy S24 Ultra menggunakan bahan logam titanium sehingga diklaim menjadi ponsel tertangguh yang pernah dibuat Samsung
Perubahan lain tidak terlalu kasat mata, tapi juga tak kalah penting, yakni rangka baru dengan material logam titanum yang diklaim tahan karat dan berdaya tahan tinggi. Galaxy S24 Ultra pun disebut sebagai ponsel paling tangguh yang pernah dibuat Samsung.

Material frame baru tersebut turut menginspirasi varian-varian warna Galaxy S24 Ultra yang semuanya bertema titanium, yakni Titanium Black, Titanium Grey, Titanium Violet, dan Titanium Yellow.

Desain selebihnya dari Galaxy S24 Ultra bisa dibilang masih mirip dengan Galaxy S23 Ultra pendahulunya, dengan sudut-sudut yang tegas sehingga terkesan boxy dan rangkaian lensa kamera belakang yang tertanam langsung di bodi.

Baca juga: Jadi Saksi Lahirnya Samsung Galaxy S24 yang Tidak Biasa, Tak Fokus Bahas Spesifikasi

Meskipun layarnya kini flat, Galaxy S24 Ultra yang berbobot sekitar 230 gram ternyata masih terasa cukup nyaman ketika digenggam berkat bentuk frame-nya yang agak membulat.

Empat warna Samsung Galaxy S24 Ultra, dari kiri ke kanan: Titanium Grey, Titanium Violet, Titanium Black, dan Titanium YellowKOMPAS.com/ ANTONIUS ADITYA MAHENDRA Empat warna Samsung Galaxy S24 Ultra, dari kiri ke kanan: Titanium Grey, Titanium Violet, Titanium Black, dan Titanium Yellow

Kamera telephoto baru, siap konser

Seperti Galaxy S23 Ultra, Galaxy S24 Ultra memiliki rangkaian 4 kamera belakang yang mencakup rentang bidang pandang luas mulai dari ultra wide hingga telephoto.

Bedanya terletak di kamera telephoto kedua yang kini tak lagi memiliki jangkauan zoom optis 10x, melainkan hanya setengahnya alias 5x.

Meski demikian, resolusi kamera telephoto baru yang juga memiliki lensa dengan konstruksi periskop ini meningkat jauh, dari sebelumnya 10 MP menjadi 50 MP.

Baca juga: Spesifikasi Samsung Galaxy S24 Ultra: Kamera, Chipset, Baterai, dan Lainnya

Galaxy S24 Ultra pun masih sanggup menghasilkan "zoom optis 10x" dari hasil cropping sensor kamera telephoto kedua yang beresolusi tinggi tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com