Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Bekali Galaxy S24 dengan Kecerdasan Google Gemini

Kompas.com - 19/01/2024, 09:30 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ponsel flagship terbaru Samsung, yaitu Galaxy S24 Series dibekali dengan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) bikinan Google, yaitu Gemini.

Gemini adalah model bahasa besar (large language model/LLM) yang menjadi "otak" dari segala beban kinerja AI aneka produk Google.

LLM ini sebelumnya sudah digunakan oleh chatbot buatan Google, yaitu Bard, serta menjadi pesaing LLM GPT, seperti GPT 3.5 hingga GPT 4 Turbo, buatan OpenAI.

Nah, di Samsung S24 Series, model Gemini yang dipakai adalah Gemini Nano dan Pro. Kedua model pembelajaran AI dari Google ini juga hadir di ponsel bikinan Google, Pixel 8 Series.

Gemini Nano memungkinkan ponsel untuk membuat berbagai pesan-pesan unik dan menggunakan aplikasi Gogole Messages, Magic Compose, dan lain sebagainya tanpa membutuhkan koneksi internet.

Baca juga: 7 Fitur Galaxy AI yang Debut di Trio Samsung Galaxy S24

Sementara itu, Gemini Pro memungkinkan Galaxy S24 Series merangkum berbagai konten yang diproduksi lewat aplikasi Samsung Notes, Voice Recorder, hingga fitur-fitur AI di aplikasi papan ketik (Keyboard) semacam Chat Assist.

Seperti diketahui, ada satu model LLM Gemini selain dua model di atas, yaitu Gemini Ultra. Saat ini, Samsung S24 Series belum ditenagai dengan Gemini Ultra.

Namun, Google memastikan Samsung akan menjadi salah satu mitra mereka yang memakai LLM tersebut di masa depan. Baik Samsung dan Google tak menyebut kapan Gemini Ultra akan hadir di ponsel seri Galaxy.

Fitur Chat Assist Galaxy AI di HP Galaxy S24 series.Samsung Fitur Chat Assist Galaxy AI di HP Galaxy S24 series.

Selain Gemini, Samsung Galaxy S24 Series juga ditenagai dengan LLM Google lainnya yang dinamai Imagen 2. Teknologi ini memungkinkan pengguna memakai berbagai fitur AI mumpuni khas Google di perangkat bikinan Samsung.

Salah satu aplikasi yang diuntungkan berkat Imagen 2 ini adalah aplikasi edit foto. Di Galaxy S24 Series, pengguna bisa memakai aplikasi tersebut untuk mengedit foto dan "mengisi" tempat-tempat kosong yang ada di dalam foto dengan objek sekitar yang sesuai.

Baca juga: Google Rilis AI Gemini Ultra, Pro, dan Nano, Lebih Pintar dari ChatGPT

Di samping beberapa aplikasi Samsung yang disebutkan di atas, Gemini (via chatbot Bard) juga kabarnya bakal akan hadir dan diintegrasikan di Google Assistant dalam beberapa waktu ke depan.

Sebab, Google sempat menyebut bahwa fitur Bard di Google Assistant ini akan menyambangi ponsel Android dalam beberapa waktu ke depan, selain sudah hadir di ponsel Pixel 8 Series, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TechCrunch, Jumat (19/1/2024)..

Namun, belum bisa dipastikan kapan atau apakah Galaxy S24 Series akan kebagian integrasi Bard dengan Google Assistant atau tidak. Kita nantikan saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com