Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Cara Mengatasi Penyimpanan iPhone Penuh dengan Mudah dan Praktis

Kompas.com - 27/01/2024, 14:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna penting untuk mengetahui beberapa panduan dasar dalam mengelola iPhone. Salah satunya seperti cara mengatasi penyimpanan iPhone penuh. Ruang penyimpanan iPhone bakal berkurang seiring dengan bertambahnya data yang tersimpan.

Saat data-data, seperti aplikasi, media, dokumen dan lainnya, telah menumpuk, memori penyimpanan iPhone bisa penuh. Memori penyimpanan yang penuh bakal membuat pengguna kerepotan.

Baca juga: 3 Cara Merekam Layar di iPhone dengan Mudah, Tanpa Aplikasi Tambahan

Pasalnya, pengguna jadi tidak bisa menambahkan atau memperbarui data yang lebih penting ke iPhone. Misalnya, ketika memori penyimpanan penuh, pengguna jadi tak bisa memperbarui sistem operasi dan menyimpan dokumen penting.

Akan tetapi, pengguna tak usah khawatir karena terdapat cara mengatasi penyimpanan iPhone penuh. Lantas, bagaimana cara mengatasi penyimpanan penuh di iPhone? Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan cara agar penyimpanan iPhone tidak penuh di bawah ini.

Penyebab penyimpanan iPhone penuh

Sebelum mengetahui caranya, ada baiknya pengguna memahami dulu penyebab penyimpanan iPhone penuh. Ada beberapa penyebab penyimpanan iPhone penuh yang perlu diketahui.

Penyebab penyimpanan iPhone penuh yang pertama adalah banyak aplikasi yang terinstal, tetapi tidak terpakai. Alhasil, aplikasi tak terpakai tersebut hanya membuat penuh ruang penyimpanan iPhone.

Penyebab penyimpanan iPhone penuh juga bisa timbul karena menumpuknya media di galeri, seperti foto, video, gambar, dan lainnya. Media tersebut dapat dengan cepat membuat penyimpanan iPhone penuh.

Berikutnya, penyimpanan iPhone penuh juga bisa disebabkan karena menumpuknya file-file pengguna di aplikasi File, seperti dokumen, gambar, atau file lain yang bersumber dari unduhan di browser Safari.

Penyebab penyimpanan iPhone penuh yang lainnya termasuk data di aplikasi, cache browser, dan data pesan yang sama-sama menumpuk. Itulah beberapa penyebab penyimpanan iPhone penuh.

Untuk melihat faktor apa saja yang membuat penyimpanan iPhone penuh, pengguna bisa mengunjungi menu pengaturan. Setelah itu, klik menu “General” dan pilih opsi “iPhone Storage”. Di opsi itu, pengguna bakal bisa melihat daftar pemakaian penyimpanan iPhone.

Ilustrasi cara melihat penyimpanan di iPhone.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara melihat penyimpanan di iPhone.

Dari daftar tersebut, pengguna dapat mengidentifikasi apa saja yang membuat memori penyimpanan iPhone jadi penuh. Setelah memahami penyebabnya, berikut adalah cara mengatasi penyimpanan iPhone penuh dengan mudah dan praktis.

Cara mengatasi penyimpanan iPhone penuh

Cara mengatasi penyimpanan iPhone penuh itu cukup mudah. Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan pengguna untuk mengatasi masalah penyimpanan iPhone penuh. Misalnya, pengguna bisa menghapus aplikasi yang sudah tak terpakai.

Kemudian, pengguna dapat mengeluarkan atau melepas instalasi aplikasi yang tidak terpakai. Selain itu, masih banyak lagi cara agar penyimpanan iPhone tidak penuh yang bisa dilakukan. Adapun beberapa cara menghemat penyimpanan iPhone adalah sebagai berikut.

1. Hapus aplikasi yang tidak terpakai

Cara agar penyimpanan iPhone tidak penuh yang pertama adalah menghapus aplikasi yang tidak terpakai. Kadang pengguna tanpa sadar telah menginstal cukup banyak aplikasi, padahal tidak selalu digunakan.

Aplikasi yang tidak pernah dipakai dapat berkontribusi terhadap penuhnya ruang penyimpanan di iPhone. Oleh karena itu, pengguna bisa menghapus aplikasi yang tidak terpakai agar memori penyimpanan iPhone tak penuh.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com