Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Restoran di Australia Rugi Ratusan Juta Rupiah gara-gara Apple Maps Error

Kompas.com - Diperbarui 31/01/2024, 05:49 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber ABC

KOMPAS.com - Sebuah restoran di wilayah Maroochydore, Queensland, Australia, yang bernama Pum's Kitchen, mengalami kerugian 12.000 dollar Australia (sekitar Rp 125 juta) gara-gara Apple Maps.

Pemilik restoran tersebut, Chris Pyatt, mengatakan bahwa Apple Maps menampilkan informasi keliru, di mana platform navigasi itu mencantumkan bahwa Pum's Kitchen tutup permanen.

Informasi ini diketahui Chris setelah ada konsumen yang bertanya kepadanya mengapa restoran tersebut tutup di Apple Maps. Padahal faktanya, restoran itu masih buka seperti biasa.

Pemilik restoran di Maroochydore, Queensland, Australia yang tempatnya tertera tutup permanen di Apple Maps.ABC.net.au Pemilik restoran di Maroochydore, Queensland, Australia yang tempatnya tertera tutup permanen di Apple Maps.

 

Selain itu, Chris juga menyadari bahwa restorannya yang telah beroperasi sekitar satu dekade itu sepi pelanggan, terutama pada bulan November dan Desember tahun lalu. Mungkin di momen akhir tahun, restoran tersebut tidak sesepi seperti apa yang Chris alami.

"Kami tidak tahu apa yang salah dari Apple Maps dan kapan perubahan status restoran kami berubah di platform navigasi tersebut," ujar Chriss, dikutip KompasTekno dari ABC.net.au, Selasa (30/1/2024).

Baca juga: Apple Music dan Apple Maps Punya Fitur untuk Cari Konser

Ingin perbaiki, tapi tak punya perangkat Apple

Chris menyebut ia telah menghubungi pihak Apple untuk mengubah status restorannya dari tutup permanen menjadi buka. Namun, menurut dia hal ini tergolong cukup sulit, lantaran ia tak memiliki produk atau perangkat Apple macam iPhone atau iPad.

"Saya pakai ponsel Android, dan komputer saya di rumah menggunakan sistem operasi Windows. Artinya, saya tidak bisa melakukan atau melihat apapun yang tercantum atau terhubung dengan ekosistem Apple," ujar Chris.

 

Iliustrasi Pum's Kitchen yang menjadi korban kekeliruan Apple Maps.ABC.net.au Iliustrasi Pum's Kitchen yang menjadi korban kekeliruan Apple Maps.

Chris juga mencoba mengubah informasi mengenai Pum's Kitchen melalui peramban Microsoft Edge dan Google Chrome. Di Chrome, ia berhasil mengubah status restoran. Namun, Apple awalnya tak mempernbarui status tersebut.

Sebagai alternatif solusi lain, Chris menghubungi layanan pelanggan Apple. Namun, ia menyebut bahwa pihak Apple tak mau membantu dia, lantaran ia tak bukan pelanggan atau pemilik produk Apple.

Pihak Apple menginstruksikan Chris untuk mengirimkan pengajuan secara online, dan ia akhirnya melakukan ini. Namun, balasan yang didapat kabarnya hanya respons dari sistem atau robot pengirim pesan otomatis saja.

Apple perbarui status restoran tapi salah lagi

Belum lama ini, mungkin karena kabar terkait Pum's Kitchen ini menyeruak di internet, Apple tampaknya sudah memperbarui status restoran tersebut dari tutup permanen menjadi buka.

Namun, Chris menemukan satu masalah lagi, di mana aplikasi peta tersebut salah mencantumkan lokasi restoran yang khas dengan makanan Thailand itu.

Hal ini ia ketahui dari salah satu pelanggan yang tersesat ketika hendak mengunjungi Pum's Kitchen.

Baca juga: Ganti Desain, Google Maps Dapat Kritikan dari Pembuatnya

"Pelanggan ini, yang tak jadi makan di restoran kami, menghubungi kami untuk mengecek lokasi, dan mereka mengatakan bahwa mereka memakai Apple Maps untuk pergi ke Pum's Kitchen, namun tak menemukannya," kata Chris.

"Saya sejatinya sudah memperbarui lokasi restoran kami di Apple Maps. Namun, mereka belum memperbarui lokasi kami, dan orang-orang masih akan terus diarahkan ke tempat asing apabila ingin pergi ke restoran kami," imbuh Chris.

Belum diketahui apakah masalah yang dialami Chris terkait kekeliruan lokasi ini sudah rampung atau belum. Namun yang jelas, restoran dia di Apple Maps kini statusnya sudah berganti dari tutup permanen menjadi buka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com