Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ngaji.AI Meluncur, Aplikasi Belajar Ngaji dengan Teknologi AI

Kompas.com - 02/02/2024, 15:36 WIB
Reska K. Nistanto

Editor

KOMPAS.com - Vokal.ai (PT. Novo Indonesia Belajar) meluncurkan aplikasi belajar mengaji Al-Quran dengan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI), yang diberi nama Ngaji.AI, yang tersedia di platform Android (Play Store) dan iOS (App Store).

Setelah dirilis pada awal 2023 lalu, Ngaji.AI diklaim telah diunduh lebih dari 15.000 kali, baik lewat App Store maupun Google PlayStore.

Co-founder Ngaji.AI, Prof. Dr. H. Sutarto Hadi, M.Si., M.Sc mengatakan, aplikasi Ngaji.AI dibuat atas dasar keprihatinan sekaligus kepedulian terhadap pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang terus menjadi isu krusial.

Ia menyebut, 65 persen dari jumlah penduduk Indonesia yang beragama Islam tidak bisa membaca Al-Qur'an.

Baca juga: 5 Aplikasi Al Quran buat Mengaji

Karena itu, Sutarto memilih menggunakan media gadget untuk sarana belajar mengaji Al-Quran, karena sifatnya yang mudah diakses, selain gadget telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari.

Aplikasi Ngaji.AI.Play Store Aplikasi Ngaji.AI.

“Melalui aplikasi, kami berharap agar pengguna dapat belajar mengaji kapan saja dan di mana saja. Bahkan, mereka bisa menyesuaikan waktunya sendiri,” kata Sutarto dalam keterangan tertulisnya, Jumat (2/2/2024).

Aplikasi Ngaji.AI menggunakan teknologi Automatic Speech Recognition (ASR) yang dikembangkan oleh Vokal.ai.

Dengan kecerdasan buatan ini, pengguna aplikasi akan mendapatkan umpan balik (feedback) yang akurat secara langsung terhadap cara pengucapan dan pelafalan, seolah-olah sedang belajar dengan guru di mana pun dan kapan pun.

Baca juga: 5 Aplikasi Al Quran buat Mengaji

CEO Vokal.ai Martijn Enter mengatakan Ngaji.ai juga menyediakan materi beragam dan berjenjang agar pengguna dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.

Fitur lain yang bisa dijumpai dalam Ngaji.AI adalah fitur Leaderboard, yang diharapkan bisa menumbuhkan jiwa kompetitif dan pembelajaran yang sehat. Selain itu ada pula fitur Tadarus dengan audio, dan Latihan Membaca Doa.

"Pembelajaran yang fun membuat kegiatan belajar mengaji menjadi tidak membosankan," ujar Martijn yang merupakan warga negara Belanda.

Aplikasi Ngaji.AI bisa di-download di Google Play Store (Android) dan Apple App Store (iOS).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com