Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Chrome di Windows dan Mac Dapat Suntikan AI

Kompas.com - 24/01/2024, 19:10 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Google menghadirkan sejumlah fitur kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) baru di browser Google Chrome. Aneka fitur AI tersebut hadir untuk mempermudah pengguna menjelajah laman internet.

Pekan ini, ada tiga fitur AI baru yang hadir di Google Chrome. Ketiganya fokus untuk produksi konten baru dengan AI alias Generative AI. Beberapa fitur AI tersebut menyambangi fitur tab, tema atau tampilan, dan fitur input teks.

Fitur-fitur berbasis AI ini hadir di Google Chrome versi Windows dan Mac. Berikut ini rinciannya.

Tab Organizer

Ilustrasi fitur Tab Organizer di Chrome.Google Ilustrasi fitur Tab Organizer di Chrome.
Pada fitur tab, fitur Generative AI akan dinamai dengan Tab Organizer. Dengan fitur AI ini, Chrome secara otomatis akan mengelompokkan semua tab yang terbuka dalam beberapa grup, sesuai dengan judul website, subjek, atau topiknya.

Ketika membuka beragam laman web tentang Google Pixel 8 di tab berbeda, misalnya, Chrome akan mengelompokkan semua tab terkait ponsel tersebut ke dalam satu grup secara otomatis.

Baca juga: Demi AI Setara Manusia, Mark Zuckerberg Borong 350.000 GPU Nvidia

Sehingga, pengguna tak perlu repot mengelompokkan aneka tab terkait Pixel 8 tersebut secara manual, serta akan dipermudah untuk mengakses semua informasi terkait ponsel tersebut dengan mudah dalam satu grup tab.

Membuat tema dengan AI

Ilustrasi fitur pembuatan tema dengan AI di Chrome.Google Ilustrasi fitur pembuatan tema dengan AI di Chrome.

Selanjutnya, fitur AI di tema atau tampilan Chrome memungkinkan peramban internet tersebut bisa membuat tema berdasarkan selera pengguna.

Nantinya, fitur ini akan bernama "Create theme with AI", dan di dalamnya, pengguna bisa menentukan suasana gambar latar belakang (background) Chrome mereka dengan pilihan yang tersedia.

Lalu, gambar background tersebut juga bisa dipercantik sedemikian rupa, seperti ditambahkan animasi, diubah suasana warnanya, dan lain sebagainya. Dengan begini, pengalaman menggunakan Chrome akan semakin nyaman.

Membantu penulisan

Fitur Help Me Write di Google Chrome.Google Fitur Help Me Write di Google Chrome.

Terakhir fitur Generative AI menyambangi elemen input teks di Chrome. Sederhananya, fitur yang memiliki nama fungsi "Help Me Write" ini memungkinkan Chrome membantu pengguna ketika mereka ingin menulis sesuatu di kolom input teks.

Apabila pengguna ingin mengulas suatu tempat, menulis surat ke kerabat, atau memproduksi teks lainnya, misalnya, fitur Help Me Write ini akan bisa merancang sebuah tulisan yang sesuai secara otomatis.

Sehingga, pengguna tak perlu repot memikirkan ide-ide tulisan yang hendak ditulis atau dikirim di suatu website yang diakses dari Google Chrome.

Kapan fitur-fitur AI ini tersedia?

Ilustrasi Google Chrome tak lagi dukung Android 7 atau Android Nougat.Unsplash/Rubaitul Azad Ilustrasi Google Chrome tak lagi dukung Android 7 atau Android Nougat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com