Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Aplikasi Al Quran buat Mengaji Selama Puasa Ramadhan 2023

Kompas.com - 25/03/2023, 14:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Ramadhan 2023 telah tiba dan umat muslim diwajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Selain berpuasa, bulan Ramadhan biasa diisi dengan ibadah-ibadah lain, salah satunya seperti membaca atau mengaji Al Quran.

Mengaji Al Quran selama puasa Ramadhan 2023 kini bisa dilakukan dengan lebih mudah. Sebab, cukup banyak aplikasi Al Quran yang tersedia untuk hanphone (HP). Lewat aplikasi Al Quran itu, pengguna bisa mengaji kapan pun dan di mana pun sesuai keinginan.

Baca juga: Link Jadwal Buka Puasa Ramadhan 2023 Seluruh Indonesia di Situs Kemenag

Lantas, apa saja aplikasi Al Quran yang bisa dipakai buat mengaji selama puasa Ramadhan 2023? Bila tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, berikut adalah daftar aplikasi Al Quran buat mengaji selama puasa Ramadhan 2023.

Daftar aplikasi Al Quran buat mengaji selama puasa Ramadhan 2023

1. Al Quran Indonesia

Ilustrasi aplikasi Al Quran IndonesiaGoogle Play Store Ilustrasi aplikasi Al Quran Indonesia

Aplikasi Al Quran untuk HP yang pertama adalah Al Quran Indonesia. Aplikasi ini memiliki fitur utama yang memudahkan pembaca dalam mengaji Al Quran. Al Quran Indonesia memiliki fitur tajwid berwarna, tulisan latin ayat Al Quran, terjemahan bahasa Indonesia, dan sebagainya.

Al Quran Indonesia juga dilengkapi dengan fitur penanda bacaan terakhir, menyalin dan membagikan ayat, serta pencarian ayat berdasar kata kunci terjemahannya. Di aplikasi ini, pengguna bisa mendengar lantunan ayat Al Quran dari delapan qari yang bisa dipilih.

Untuk download aplikasi Al Quran ini, caranya bisa melalui toko aplikasi Google Play Store (untuk ponsel Android) dan App Store (untuk iPhone).

2. NU Online Super App

Ilustrasi aplikasi Al Quran dari NU Online Super App.Google Play Store Ilustrasi aplikasi Al Quran dari NU Online Super App.

Kedua, terdapat aplikasi bernama NU Online Super App. Aplikasi yang dikembangkan oleh organisasi Islam Nahdlatul Ulama ini memiliki segudang fitur untuk menunjang ibadah umat muslim, termasuk fitur baca Al Quran.

Al Quran yang tersedia di NU Online Super App didukung dengan beberapa fitur, seperti transliterasi latin, terjemahan, dan tafsir. Tampilan Al Quran di aplikasi ini bisa diatur untuk dibaca per ayat atau per halaman.

Untuk download aplikasi Al Quran ini, caranya bisa melalui toko aplikasi Google Play Store (untuk ponsel Android) dan App Store (untuk iPhone).

3. Muslim Pro

Ilustrasi aplikasi Muslim ProKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi aplikasi Muslim Pro

Aplikasi Al Quran buat mengaji selama puasa Ramadhan 2023 yang ketiga adalah Muslim Pro. Aplikasi ini juga memiliki fitur untuk membaca ayat Al Quran secara digital, dengan dilengkapi terjemahan bahasa Indonesia.

Al Quran dalam aplikasi Muslim Pro memiliki fitur tajwid berwarna. Di aplikasi ini, pengguna bisa mendengarkan lantunan ayat Al Quran dan mengunduhnya. Selain Al Quran digital, Muslim Pro juga memiliki fitur tasbih dan kumpulan doa-doa bagi umat Muslim.

Download aplikasi Al Quran ini bisa dilakukan lewat toko aplikasi Google Play Store (untuk ponsel Android) dan App Store (untuk iPhone).

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com