Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Menghemat Kuota Internet di HP Saat Perjalanan Mudik Lebaran 2024

Kompas.com - 06/04/2024, 14:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Terdapat beberapa kebutuhan yang perlu disiapkan pengguna untuk menunjang kelancaran perjalanan mudik Lebaran 2024. Salah satu kebutuhan itu, misalnya kuota internet atau kuota data di perangkat HP (handphone).

Dengan memiliki kuota data yang cukup, pengguna bisa mengakses internet untuk menunjang berbagai kebutuhan selama perjalanan mudik Lebaran 2024, seperti membuka aplikasi peta, streaming musik, chatting, dan masih banyak lagi.

Baca juga: 5 Aplikasi Pemantau Lalu Lintas buat Hindari Macet Selama Mudik Lebaran 2024

Kuota internet di HP bisa habis secara tiba-tiba jika pengguna menggunakannya secara terus menerus selama perjalanan mudik Lebaran 2024. Saat kuota habis, pengguna mungkin bakal kerepotan karena jadi tak bisa mengakses kebutuhan penting.

Oleh karena itu, agar tak cepat habis, pengguna perlu mengetahui cara menghemat kuota internet di HP selama perjalanan mudik Lebaran 2024. Lantas, bagaimana cara menghemat kuota internet?

Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara menghemat kuota internet agar tak cepat habis selama perjalanan mudik Lebaran 2024.

Cara menghemat kuota internet di HP selama mudik Lebaran 2024

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan pengguna untuk membuat kuota internet di HP tak cepat habis selama melangsungkan perjalanan mudik Lebaran 2024. Misalnya, pengguna bisa menonaktifkan pengunduhan file otomatis di HP.

Kemudian, pengguna juga bisa menonaktifkan fitur pembaruan aplikasi otomatis di HP. Selain itu, masih terdapat beberapa cara lain yang bisa dicoba. Adapun penjelasan yang lebih lengkap soal cara menghemat kuota internet saat mudik Lebaran 2024 adalah sebagai berikut.

1. Nonaktifkan fitur pengunduhan file otomatis

Beberapa aplikasi media sosial biasanya memiliki fitur pengunduhan file otomatis, misalnya WhatsApp. Dengan mengaktifkan fitur ini, WhatsApp secara otomatis bakal mengunduh semua file, baik itu gambar maupun video, yang terkirim di ruang obrolan.

Pengunduhan file otomatis itu tanpa disadari bisa mengonsumsi kuota internet, padahal tidak semua file terkirim itu penting untuk diunduh. Sebab itu, matikan pengunduhan file otomatis yang terdapat di aplikasi media sosial.

Misalnya, Anda bisa mematikan pengunduhan file otomatis di WhatsApp dengan cara klik menu “Pengaturan”, lalu klik opsi “Penyimpanan dan Data”. Selanjutnya, silakan nonaktifkan fitur pengunduhan file otomatis.

2. Nonaktifkan fitur pembaruan aplikasi otomatis

Pembaruan versi aplikasi juga bisa mengonsumsi kuota dalam jumlah yang cukup besar, kadang bisa mencapai 100 MB lebih. Jika pembaruan dilakukan menggunakan jaringan seluler maka kuota internet bakal bisa cepat habis.

Untuk itu, Anda perlu mematikan pembaruan aplikasi otomatis dengan jaringan seluler. Tiap HP memiliki cara yang berbeda-beda untuk mematikan pembaruan aplikasi otomatis dengan jaringan seluler.

Misalnya, di iPhone, pembaruan aplikasi otomatis lewat jaringan seluler bisa dimatikan dengan cara, mengakses menu “Pengaturan”. Kemudian, pilih opsi “App Store” dan nonaktifkan opsi “Pengunduhan Otomatis” di kolom “Data Seluler”.

Baca juga: Cara Cari ATM dan SPBU Terdekat via Google Maps Saat Mudik Lebaran 2024

3. Hindari melakukan pencadangan file

Cara menghemat kuota internet selama perjalanan mudik Lebaran 2024 yang ketiga adalah tidak melakukan pencadangan (back up) file dengan jaringan seluler di platform Cloud seperti seperti iCloud atau Google Drive.

Proses pencadangan file bisa mengonsumsi kuota internet dengan jumlah yang cukup banyak. Semakin banyak file yang dicadangkan maka semakin banyak pula kuota internet yang dikonsumsi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com