Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mencari Jawaban Soal Matematika dengan ChatGPT dan Contoh Perintahnya

Kompas.com - 01/09/2023, 17:30 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - ChatGPT merupakan program chatbot AI (artificial intelligence) berbasis Language Model (model bahasa) yang dapat memberikan tanggapan atau jawaban atas berbagai pertanyaan dan perintah teks.

Baca juga: Cara Membuat Surat Lamaran Kerja via ChatGPT, Mudah Tinggal Masukkan Perintah

Dengan kemampuan tersebut, pengguna bisa memanfaatkan ChatGPT untuk membantu menyelesaikan beberapa tugas. Salah satunya seperti mencari jawaban dari aneka soal matematika. ChatGPT telah dilatih dengan sekumpulan data berjumlah besar.

Dengan latihan tersebut, ChatGPT mampu memahami perintah atau pernyataan dalam soal matematika. Setelah dipahami, ChatGPT dapat menyajikan solusi atau jawaban dari soal matematika tersebut.

Pengguna yang hendak belajar matematika bisa memanfaatkan ChatGPT untuk membantu menyelesaikan soal dan mendapatkan alasan dari penyelesaiannya. Lantas, bagaimana cara mencari jawaban matematika dengan ChatGPT?

Cara menggunakan ChatGPT untuk mencari jawaban matematika itu cukup mudah. Bila tertarik menggunakannya, berikut adalah penjelasan mengenai cara mencari jawaban matematika dengan ChatGPT.

Baca juga: Link Download serta Cara Menggunakan Aplikasi ChatGPT di HP Android dan iPhone

Cara mencari jawaban matematika dengan ChatGPT

  • Kunjungi website ChatGPT ini https://chat.openai.com dan pastikan telah login akun. Login bisa menggunakan akun Google (akun Gmail).
  • Setelah berhasil masuk, pada kolom pengetikan pesan, silakan ketik prompt atau teks perintah berupa soal matematika pada ChatGPT.
  • Kirim prompt soal matematika tersebut.
  • Tunggu beberapa saat hingga ChatGPT menyajikan jawaban atas soal matematika itu.

Ilustrasi cara menjawab matematika dengan ChatGPT.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara menjawab matematika dengan ChatGPT.

Itulah cara mencari jawaban matematika dengan ChatGPT, cukup mudah bukan? Perlu diketahui, untuk bisa menyajikan jawaban dengan tepat, pengguna harus memasukkan teks perintah soal matematika ke ChatGPT secara detail.

Adapun contoh prompt ChatGPT yang dapat dipakai untuk menjawab soal matematika adalah sebagai berikut.

Contoh perintah ChatGPT untuk menjawab soal matematika

  • Diketahui sebuah kubus mempunyai panjang rusuk 3 cm. Berapa volume kubus tersebut dan berikan rumusnya.
  • Diketahui sebuah tabung mempunyai jari-jari alas 20 cm dan tinggi 50 cm. Berapa volumenya dan berikan rumusnya.

Itulah beberapa contoh perintah ChatGPT untuk menjawab soal matematika. Selain contoh di atas, pengguna bisa memasukkan soal matematika lain ke ChatGPT. Namun, untuk diingat, ChatGPT tak bisa menjawab soal matematika yang dalam bentuk gambar.

Jadi, ChatGPT lebih cocok dipakai untuk membantu menjawab soal matematika yang berbentuk narasi atau cerita.

Baca juga: Cara Membuat Kesimpulan Otomatis dengan ChatGPT buat Skripsi, Esai, Artikel, dll

Kemudian, penting diingat juga, jawaban matematika yang diberikan ChatGPT sebaiknya diperiksa kembali. Pasalnya, ChatGPT masih memiliki potensi untuk menyajikan jawaban yang tidak akurat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com