Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mencari Jurnal untuk Skripsi dengan Bing AI dan Contoh Perintahnya

Kompas.com - 16/07/2023, 16:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Bing AI merupakan program chatbot Artificial Intelligence (AI) berbasis Language Model buatan Microsoft, yang memiliki kemampuan utama untuk menjawab dan menanggapi beraneka macam pertanyaan atau perintah pengguna.

Bing AI atau Bing Chat terintegrasi dengan search engine Bing. Pengintegrasian ini membuat Bing Chat berperan seperti mesin pencari. Bing Chat jadi bisa mengolah informasi terkini yang diambil dari hasil menjelajahi website di internet.

Baca juga: 9 Hal yang Bisa Dilakukan dengan Bing AI, Termasuk Bikin Gambar dari Teks

Dengan kemampuan tersebut, Bing AI dapat dimanfaatkan untuk membantu berbagai aktivitas pengguna. Salah satunya seperti mencari jurnal akademis yang digunakan sebagai referensi dalam menyusun skripsi atau karya ilmiah akhir untuk pendidikan sarjana.

Pengguna bisa memerintahkan Bing AI untuk mencari dan mengumpulkan jurnal akademis yang terdapat di internet. Dalam proses menyusun skripsi, jurnal ilmiah biasa dipakai untuk menemukan pola penelitian yang pernah dilakukan peneliti sebelumnya.

Kemudian, jurnal ilmiah juga biasa dipakai untuk menemukan unsur perbedaan dan pembaruan penelitian dalam skripsi. Lantas, bagaimana cara mencari jurnal untuk skripsi dengan Bing AI?

Cara menggunakan Bing AI buat mencari jurnal untuk skripsi itu cukup mudah. Pengguna hanya perlu memasukkan perintah yang tepat ke Bing AI supaya bisa mencari jurnal untuk skripsi yang sesuai keinginan.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan mengenai cara mencari jurnal untuk skripsi dengan Bing AI.

Cara mencari jurnal untuk skripsi dengan Bing AI

  • Buka aplikasi Microsoft Edge terbaru di desktop dan pastikan telah login akun.
  • Klik ikon Bing yang terdapat di pojok kanan atas halaman aplikasi Microsoft Edge.
  • Setelah itu, bakal muncul jendela interaksi dengan Bing AI.
  • Pada jendela tersebut, pilih opsi “Chat”.
  • Ketik teks perintah atau prompt pada Bing AI buat mencari jurnal yang berkaitan dengan tema atau topik tertentu.
  • Setelah itu, kirim prompt tersebut dan tunggu beberapa saat hingga Bing AI menyajikan beberapa jurnal yang sesuai dengan perintah.
  • Pengguna bisa langsung membuka tautan jurnal yang disajikan Bing AI.

Ilustrasi cara mencari jurnal untuk skripsi dengan Bing AI.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara mencari jurnal untuk skripsi dengan Bing AI.

Cukup mudah bukan cara mencari jurnal untuk skripsi dengan Bing AI? Perlu diketahui, supaya Bing AI bisa menghasilkan tanggapan yang sesuai, pengguna perlu memasukkan prompt secara detail.

Adapun beberapa contoh prompt Bing AI yang bisa dipakai buat mencari jurnal untuk skripsi adalah sebagai berikut:

Contoh prompt Bing AI buat mencari jurnal untuk skripsi

  • Tolong carikan beberapa jurnal tentang “ABCD”. Jurnal tersebut harus bisa diakses secara gratis.
  • Tolong sajikan beberapa jurnal terbaru tentang “ABCD” yang bisa diakses secara publik.
  • Sajika beberapa jurnal internasional keluaran lima tahun terakhir yang membahas mengenai “ABCD” dan harus bisa diakses secara publik.

Itulah beberapa contoh prompt Bing AI yang dapat dipakai buat mencari jurnal untuk skripsi. Dengan Bing AI, proses pencarian jurnal untuk skripsi bisa menjadi lebih mudah. Akan tetapi, meski lebih mudah, Bing AI sejatinya masih punya keterbatasan dalam menjawab.

Penting dicatat, Bing AI masih memiliki potensi menyajikan jawaban atau tanggapan yang kurang akurat. Oleh karena itu, pengguna sebaiknya tidak langsung menerima begitu saja informasi yang disajikan Bing Chat.

Baca juga: Cara Menggunakan Bing AI di HP dan Laptop buat Jawab Aneka Pertanyaan

Pengguna hendaknya senantiasa melakukan verifikasi berulang pada informasi yang disajikan Bing AI. Demikianlah penjelasan mengenai cara mencari jurnal untuk skripsi dengan Bing AI, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com