Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti Kata “Core”, Bahasa Gaul yang Lagi Viral di Media Sosial

Kompas.com - Diperbarui 23/04/2024, 10:01 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Terdapat banyak sekali bahasa gaul di media sosial (medsos) yang dipakai pengguna. Salah satunya adalah kata core. Belakangan ini, kata tersebut viral dipakai warganet di medsos seperti TikTok dan X (dulu Twitter).

Baca juga: Arti “Pick Me”, Bahasa Gaul yang Sering Dipakai di Media Sosial

Saking banyaknya warganet yang memakai, sebagian dari Anda mungkin juga sudah sempat melihat kata core muncul di linimasa medsos. Melihat keramaian ini, lantas sebenarnya apa arti core yang viral di medsos?

Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai arti core sebagai bahasa gaul yang lagi viral di medsos.

Arti core sebagai bahasa gaul di medsos

Di medsos, kata core biasa dipakai pengguna untuk membuat judul dari konten yang berisi kumpulan foto atau potongan video atas satu peristiwa. Misalnya, di TikTok, banyak video bertajuk “Lebaran Core”.

Video berjudul tersebut umumnya bakal berisi kumpulan foto atau potongan video tentang momen-momen saat Lebaran. Selain itu, kata core kerap juga dipakai untuk membuat judul konten yang berisi kumpulan foto atau potongan video dari satu nama artis.

Baca juga: Arti Kata Medium Ugly, Bahasa Gaul yang Lagi Ramai di Medsos

Misalnya, konten bertajuk “Budi Core” yang berisi kumpulan foto atau potongan video tentang Budi. Dari kebiasaan penggunaan ini, lantas apa itu core? Kata core pada dasarnya memiliki beragam arti.

Untuk diketahui, arti core di medsos dan secara harfiah tampaknya sangat jauh berbeda. Kata core termasuk dalam kosakata bahasa Inggris. Dikutip dari Merriam Website, secara harfiah, arti core adalah inti, dasar, sentra, atau esensi.

Arti harfiah tersebut kurang cocok jika dipakai untuk memaknai kata core di media sosial. Dalam bahasa gaul, kata core memiliki arti tersendiri. Dikutip dari USA Today, sebagai bahasa gaul, arti core adalah sesuatu hal yang tersegmentasi.

Hal itu bisa berupa kesukaan atau suasana. Misalnya, seseorang yang suka benda-benda bertema bunga bakal disebut sebagai flowercore. Kemudian, seseorang yang suka benda, yang dikenakan seorang artis, misalnya Harry Styles, bakal disebut Harry Styles-core.

Selain arti core seperti itu, ada pula arti core yang lain, yang tampaknya banyak dipakai warganet di Indonesia. Dari beberapa postingan warganet, arti core adalah momen-momen penting atau konyol di satu peristiwa.

Baca juga: Arti Kata “My Chicago” yang Ramai Dipakai Pengguna TikTok

Dengan arti yang demikian, tak heran jika warganet banyak yang mengunggah video berisi kumpulan foto atau potongan video lucu atas satu peristiwa seperti Lebaran. Demikianlah penjelasan lengkap seputar arti core yang lagi viral di medsos, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com