Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Medsos Paling Banyak Dihapus pada 2023, Ada Instagram dan TikTok

Kompas.com - 21/02/2024, 09:04 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perusahaan penyedia data center asal Amerika Serikat, TRG Datacenters, merilis laporan tentang aplikasi media sosial (medsos) yang paling banyak dihapus pengguna smartphone di seluruh dunia selama 2023 lalu.

Dalam laporan tersebut, TRG Datacenters mendata sebanyak 9 aplikasi media sosial. Posisi teratas dalam daftar tersebut ternyata diduduki oleh aplikasi berbagi foto dan video Instagram.

Dalam riset ini, TRG Datacenters menghitung rata-rata jumlah pencarian kata kunci (keyword) "how to delete my ... (nama medsos) account" atau "bagaimana cara menghapus akun .... (nama medsos) saya" setiap bulannya. 

Menurut laporan, para pengguna internet paling banyak mencari petunjuk untuk menghapus akun Instagram mereka. Laporan tersebut mencatat ada sekitar 1 juta orang yang mencari tahu cara menghapus akun atau aplikasi Instagram setiap bulannya.

Lantas, mengapa Instagram menjadi aplikasi media sosial paling banyak dihapus di 2023?

Menurut TRG Datacenters, hal ini disebabkan oleh fungsi dan kondisi di Instagram yang berubah dan tidak seperti dulu lagi.

Pada awalnya, Instagram dibuat sebagai media sosial berbagi foto. Namun kini, aplikasi tersebut dijejali banyak fitur di luar fungsi utamanya untuk berbagi foto tadi.

Baca juga: Instagram Batasi 5 Hashtag dalam Satu Postingan?

Beberapa fitur baru yang ada di Instagram seperti Story (yang biasa dipakai untuk membagikan video, selain foto), Reels (berbagi video pendek), Shopping (fitur belanja), dan lain sebagainya.

"Selain itu, Instagram juga kini dipenuhi dengan iklan, sebagai efek dari banyaknya kretor konten yang mendulang pendapatan di media sosial tersebut. Iklan yang muncul ini tentunya akan mempengaruhi pengalaman pengguna," kata TRG Datacenters.

Dengan banyak perubahan ini, TRG Datacenters menilai pengguna kini mulai bosan dan jenuh dengan Instagram, sehingga wajar saja mereka memilih untuk mencari tahu cara menghapus media sosial tersebut dari ponsel mereka.

Daftar 9 aplikasi media sosial yang paling banyak dihapus di 2023

Ilustrasi Snapchatcnet.com Ilustrasi Snapchat

Seperti disebutkan di atas, TRG Datacenters merangkum 9 aplikasi media sosial yang paling banyak dihapus di 2023 berdasarkan hasil pencarian berbasis kata kunci "how to delete my ... (nama medsos) account" di internet.

Di bawah Instagram yang berada di posisi pertama di atas, ada Snapchat, Twitter (X), Telegram, hingga Facebook yang secara berurutan melengkapi daftar 5 media sosial teratas yang paling banyak dihapus di sepanjang 2023.

Jika dilihat dari angka rata-rata hasil pencarian dengan keyword di atas, keempat aplikasi media sosial ini masing-masing memiliki rata-rata hasil pencarian 128.500, 123.000, 71.700, dan 49.000 per bulan di 2023.

Baca juga: Cara Melihat Password Instagram di iPhone dengan Mudah

Daftar 9 aplikasi media sosial yang paling banyak dihapus di 2023 secara lengkap, begitu juga dengan jumlah pencarian per bulannya, bisa dilihat dalam daftar berikut ini, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TRGDatacenters.com, Rabu (21/2/2024).

  1. Instagram (1.020.000 hasil pencarian)
  2. Snapchat (128.500 hasil pencarian)
  3. Twitter atau X (123.000 hasil pencarian)
  4. Telegram (71.700 hasil pencarian)
  5. Facebook (49.000 hasil pencarian)
  6. TikTok (24.900 hasil pencarian)
  7. YouTube (12.500 hasil pencarian)
  8. WhatsApp (4.950 hasil pencarian)
  9. WeChat (2.090 hasil pencarian)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com