Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ZTE dan MyRepublic Rilis Modem WiFi 7, Bisa Download hingga 5,8 Gbps

Kompas.com - 31/05/2024, 14:00 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perusahaan teknologi jaringan asal China, ZTE Corporation (ZTE) bekerja sama dengan salah satu penyedia layanan internet (ISP) di Indonesia, MyRepublic meluncurkan produk Optical Network Termination (ONT) alias modem berteknologi WiFi 7.

Baca juga: Biznet, First Media, IndiHome, MyRepublic: Internet Mana Paling Kencang?

General Manager of Fixed & Multimedia Product Oversea Market and Vice President ZTE Corporation, Michael Song memperkenalkan produk ONT WiFi 7 ini di ajang ZTE Day 2024. Ia mengeklaim produk ONT terbarunya itu merupakan produk WiFi 7 pertama di Indonesia.

"WiFi 7 menawarkan kecepatan, keandalan, dan kecerdasan untuk meningkatkan pengalaman digital pengguna. Berkolaborasi dengan MyRepublic, kami memulai perjalanan untuk memberdayakan individu, bisnis, dan komunitas Indonesia dengan teknologi tersebut," kata Michael dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Jumat (31/5/2024).

Di kesempatan yang sama, Chief Technology Officer MyRepublic, Hendra Gunawan berujar bahwa kerja sama dengan ZTE ini akan turut meningkatkan kapasitas bandwidth pengguna, meminimalisir latensi, serta mampu menjangkau jauh lebih banyak perangkat dalam satu jaringan internet MyRepublic. 

Ilustrasi modem WiFi 7 kolaborasi ZTE dan MyRepublic.ZTE Ilustrasi modem WiFi 7 kolaborasi ZTE dan MyRepublic.

"Teknologi WiFi 7 bisa menjawab tantangan kedepan untuk kebutuhan bandwidth yang lebih besar menggunakan infrastruktur fiber optik yang sudah ada. Selain itu, teknologi ini juga sepenuhnya kompatibel dengan teknologi WiFi yang sudah ada, sehingga menjamin smooth transition dan pengalaman pengguna yang lebih baik,” tambah Hendra.

Menurut ZTE, kehadiran modem berteknologi WiFi 7 ini akan bisa mendukung berbagai kegiatan dan kebutuhan pengguna saat ini.

Baca juga: ZTE dan Moratelindo Hadirkan STB Android TV 4K untuk Pelanggan Oxygen.id

Beberapa di antaranya seperti kebutuhan untuk mendukung ekosistem perabot pintar di rumah (smart home), menghubungkan banyak perangkat dengan jenis Internet of Things (IoT), serta mendukung kegiatan komputasi berbasis cloud.

Solusi ONT WiFi 7 sendiri dapat mengatasi hambatan atau bottleneck pada jangkauan 10 meter dalam skema penggunaan all-optical broadband untuk berbagai pemanfaatan (use case) pengguna di rumah.

Adapun peluncuran ONT WiFi 7 dengan MyRepublic ini merupakan salah satu komitmen ZTE untuk menghadirkan teknologi jaringan yang bisa meningkatkan pengalaman pengguna di berbagai segmen, terutama untuk segmen smart home.

Informasi lebih lanjut mengenai produk ONT berteknologi WiFi 7 buah hasil kolaborasi antara ZTE Corporation dan MyRepublic ini bisa dibaca di tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com