Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Mengatur Kecerahan Layar Macbook dengan Mudah dan Praktis

Kompas.com - 22/06/2024, 14:35 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna laptop berbasis MacOS atau biasa disebut Macbook, kiranya perlu mengetahui beberapa pengaturan dasar untuk meningkatkan penggunaannya. Salah satunya seperti cara mengatur kecerahan layar laptop Macbook.

Sebagaimana cukup umum diketahui, tiap laptop, tak terkecuali Macbook, pada dasarnya dibekali fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengatur kecerahan layar atau brightness. Cara mengatur kecerahan Macbook bakal berguna bagi pengguna.

Baca juga: Cara Memunculkan Keyboard di Layar MacBook dengan Mudah dan Cepat

Cara tersebut membuat pengguna dapat mengatur kecerahan layar di laptop Macbook agar lebih nyaman dipandang mata. Misalnya, jika layar kondisi sekitar terlalu gelap, agar nyaman dipandang mata, pengguna bisa meningkatkan kecerahan Macbook.

Kemudian, jika kondisinya terlalu terang, pengguna pun dapat menurunkan kecerahan layar Macbook. Dengan diatur seperti ini, pengguna bakal lebih nyaman dalam menatap layar Macbook. Lantaran bakal berguna, pengguna penting untuk mengetahui cara mengaturnya.

Lantas, bagaimana cara mengatur kecerahan pada layar laptop Macbook? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara mengatur kecerahan Macbook dengan mudah dan praktis.

Cara mengatur kecerahan layar Macbook

Cara mengatur kecerahan layar Macbook itu pada dasarnya sangat mudah. Ada beberapa pilihan cara yang bisa dilakukan pengguna untuk mengatur kecerahan layar laptop Macbook. Secara umum, cara ini bisa dilakukan lewat tombol shortcut dan menu pengaturan.

Adapun penjelasan yang lebih detail mengenai beberapa cara mengatur kecerahan layar laptop Macbook adalah sebagai berikut.

1. Cara mengatur kecerahan layar Macbook dengan keyboard

Cara mengatur kecerahan layar laptop Macbook yang termudah pertama adalah dengan menekan tombol shortcut di keyboard. Di keyboard Macbook, terdapat tombol khusus yang berfungsi untuk mengatur kecerahan layar.

Tombol tersebut adalah tombol F1 dan F2 yang memiliki simbol kecerahan. Pengguna bisa menekan salah satu dari kedua tombol tersebut. Tombol F1 untuk mengurangi cahaya dan tombol F2 untuk meningkatkan kecerahan.

Baca juga: Cara Membagi Layar Laptop Menjadi 2 di Macbook dengan Mudah dan Praktis

2. Cara mengatur kecerahan Macbook lewat Touch Bar

Cara mengatur kecerahan Macbook yang kedua adalah melalui menu yang terdapat pada Touch Bar atau panel pengaturan touchscreen.

Untuk diketahui, ada beberapa model Macbook yang menggunakan Touch Bar sebagai pengganti tombol pengaturan F1, F2, dan seterusnya di keyboard. Jika menggunakan Touch Bar, pengguna bisa mengatur kecerahan melalui menu yang terdapat di sana.

Untuk mengatur kecerahan, pengguna dapat memilih tombol kecerahan yang ada di deretan sisi kanan menu pengaturan Touch Bar Macbook. Selanjutnya, pengguna bisa menggeser tombol kecerahan ke kiri untuk menurunkan dan ke kanan untuk meningkatkannya.

3. Cara mengatur kecerahan layar Macbook lewat menu pengaturan

Cara mengatur kecerahan layar Macbook yang ketiga adalah melalui menu pengaturan. Adapun penjelasan caranya adalah sebagai berikut:

  • Klik ikon Apple yang ada di layar Home Macbook.
  • Setelah itu, pilih menu “System Preferences”.
  • Kemudian, klik menu pengaturan “Display”.
  • Terakhir, pengguna bisa menggeser tombol kecerahan yang terdapat pada opsi “Brightness”.

Cukup mudah bukan cara mengatur kecerahan Macbook? Melalui beberapa cara di atas, pengguna bisa menyesuaikan kecerahan atau brightness pada layar Macbook agar lebih nyaman dipandang.

Baca juga: 3 Cara Uninstall Aplikasi di Macbook dengan Mudah dan Praktis

Jika dirasa terlalu terang, pengguna bisa menurunkan kecerahan layar Macbook. Sebaliknya, jika terlalu gelap, pengguna dapat meningkatkan kecerahannya. Demikianlah penjelasan cara mengatur kecerahan Macbook dengan mudah dan praktis, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com