Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antivirus Kaspersky Dilarang Dijual di Amerika Serikat

Kompas.com - 22/06/2024, 16:02 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Reuters

KOMPAS.com - Pemerintahan Presiden AS Joe Biden pekan ini mengumumkan recana pelarangan penjualan software antivirus buatan Kaspersky di Amerika Serikat.

Alasannya berkaitan dengan tudingan keterkaitan perusahaan tersebut dengan pemerintah Rusia. Kaspersky merupakan perusahaan yang berbasis di Rusia.

Menteri Perdagangan AS Gina Raimondo mengatakan bahwa pengaruh pemerintah Rusia terhadap Kaspersky menimbulkan risiko keamanan bagi AS.

Sebab, software antivirus bisa mengakses sistem komputer sehingga dikhawatirkan dapat pula mencuri informasi sensitif pemerintah AS, atau dengan sengaja memasang program jahat (malware).

Baca juga: Kanada Blokir WeChat dan Kaspersky dari HP Pemerintah

"Rusia telah menunjukkan kemampuan... dan niat mengeksploitasi perusahaan seperti Kaspersky utnuk mengambil informasi pribadi milik warga Amerika," ujar Raimondo dalam sebuah briefing dengan jurnalis.

Di sisi lain, Kaspersky telah menyatakan bahwa aktivitasnya tidak mengancam keamanan nasional AS. Ditegaskan pula bahwa Kaspersky adalah perusahaan swasta yang tidak terkait dengan pemerintah Rusia.

Dalam sebuah pernyataan, Kaspersky berpendapat bahwa keputusan pemerintah AS melarang penjualan antivirusnya lebih dilatarbelakangi oleh "iklim geopolitik dan kekhawatiran teoritis" ketimbang integritas yang sebenarnya dari produk dan layanan Kaspersky.

Kaspersky akan dilarang melakukan aktivitas bisnis di AS dalam waktu 30 hari setelah pelarangan produknya diumumkan pada Kamis, 21 Juni 2024.

Baca juga: Eugene Kaspersky: Kepintaran AI Masih Jauh di Bawah Manusia

Penjualan produk antivirus, termasuk download update, resale, dan lisensi software yang bersangkutan, akan dlarang dalam waktu 100 setelah pengumuman, tepatnya pada 29 September 2024 mendatang.

Tujuan jeda waktu tersebut adalah memberikan waktu bagi pihak-pihak di AS yang kadung menggunakan antivirus Kaspersky untuk mencari alernatif, sebagaimaan dihimpun KompasTekno dari Reuters, Sabtu (22/6/2024).

Pelarangan produk antivitus Kaspersky merupakan kulminasi dari penyelidikan selama dua tahun oleh Kementerian Perdagangan AS yang dilakukan sejak 2022.

Setelah Rusia menyerang Ukraina, pemerintah federal AS memperingatkan bawha pemerintah Rusia bisa memanipulasi perusahaan lokal seperti Kaspersky untuk kepentingan tertentu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com