Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HP Musik dan HP Berkamera 108 MP ZTE Bakal Rilis di Indonesia?

Kompas.com - 14/06/2024, 07:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan smartphone asal China, ZTE baru saja merilis ponsel gaming entry-level terbarunya, Nubia Neo 2 5G di Indonesia, Kamis (13/6/2024).

Setelah Nubia Neo 2, ZTE berencana merilis dua ponsel baru lagi ke Indonesia pada semester kedua 2024 ini.

"Kami berencana merilis ponsel Nubia dengan dua segmen berbeda, yakni yang fokus pada musik dan fotografi," kata Faiz Naufal selaku Business Manager ZTE Mobile Device di acara peluncuran Nubia Neo 2 di Jakarta Selatan.

Faiz tak menyebut secara rinci nama perangkat yang bakal dirilis ke pasar Indonesia. Namun, dua ponsel itu kemungkinan besar adalah Nubia Music (fokus ke musik) dan Nubia Focus (fokus pada fotografi) berkamera utama 108 megapiksel.

Baca juga: Target ZTE Masuk 5 Besar Vendor Ponsel Indonesia 2029

Nubia Neo 2, Nubia Music, dan Nubia Focus ini kompak dipamerkan di ajang Mobile World Congress (MWC) 2024 di Barcelona pada Februari lalu.

Sayangnya, Faiz tidak memberikan kisi-kisi kapan ponsel yang fokus untuk musik dan fotografi itu hadir di Indonesia.

Sebagai gambaran, pengguna ZTE bisa menilik spesifikasi Nubia Music dan Nubia Focus berikut ini.

Spesifikasi Nubia Music

ZTE berencana meluncurkan dua ponsel Nubia di Indonesia yang fokus di segmen musik dan fotografi.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto ZTE berencana meluncurkan dua ponsel Nubia di Indonesia yang fokus di segmen musik dan fotografi.
Seperti namanya, Nubia Music merupakan smartphone yang fokus menawarkan pengalaman mendengarkan musik.

Smartphone ZTE Nubia Music ini menarik perhatian jurnalis KompasTekno, Bill Clinten, yang meliput langsung gelaran MWC 2024 di Barcelona. Salah satu fitur paling mencolok di Nubia Music adalah adanya speaker besar yang membulat di punggung ponsel, tepat di sebelah kanan modul kamera.

Dalam uji coba KompasTekno, suara yang dikeluarkan speaker ini memang terdengar jauh lebih keras dari smartphone pada umumnya.

Baca juga: ZTE Pamer Nubia Music, Ponsel Musik dengan Speaker Besar dan Dua Jack Audio

Hal ini bisa dibilang cukup wajar, lantaran ZTE sendiri mengeklaim Nubia Music, dengan bantuan fitur kecerdasan buatan (AI), mampu mengeluarkan output suara yang 600 persen lebih kencang dibanding ponsel di kelas yang sama.

Selain itu, suara yang kami dengar juga terbilang halus dan memiliki efek bass yang cukup baik. Efek suara juga tidak pecah alias cempreng meski volume speaker ditingkatkan ke angka maksimal.

Kualitas seperti ini menandakan bahwa ZTE memang benar-benar fokus memoles fitur speaker di ponsel ini semaksimal mungkin, sehingga penggemar musik bisa membawa-bawa perangkat ini layaknya sebagai "speaker portabel".

Selain speaker, hal menarik lain di Nubia Music adalah ponsel ini memiliki dua lubang audio jack 3.5 mm.

Dengan kata lain, pengguna bisa mendengarkan musik bersama satu teman atau anggota keluarganya dengan aksesori audio kabel berbeda, tanpa harus bertukar atau memakai satu buah earpiece ke telinga mereka masing-masing.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com