Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Valorant Resmi Hadir di Konsol, Bisa Dimainkan di PS5 dan Xbox Series X/S

Kompas.com - 08/06/2024, 09:00 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber Engadget

KOMPAS.com - Game tactical shooter populer Valorant dipastikan akan menyambangi platform konsol PlayStation 5 (PS5) dan Xbox Series X/S dalam beberapa waktu ke depan. Sebelumnya, game yang dirilis sekitar 2020 ini hanya tersedia di platform PC saja.

Kehadiran Valorant di konsol diumumkan Riot Games, selaku pengembang dan penerbit Valorant dalam ajang Summer Game Fest 2024 yang digelar pekan ini. 

Dalam perhelatan tersebut, Riot Games mengatakan ketersediaan Valorant di konsol akan diawali dengan tahap limited beta alias terbatas mulai Jumat (14/6/2024) mendatang. Artinya, hanya akan ada beberapa pengguna terpilih saja yang bisa mencoba game ini di konsol. 

Selain itu, tahap limited beta juga hanya akan tersedia bagi pengguna di wilayah Amerika Serikat (AS), Kanada, Eropa, Inggris, dan Jepang. Riot Games menyebut beberapa negara akan menyusul di masa depan, namun mereka tak mengumbar kapan hal ini akan terjadi. 

Baca juga: Riot Games, Developer Game Valorant PHK Ratusan Karyawan Global

Satu hal penting mengenai Valorant di PS5 dan Xbox Series X/S adalah pengguna di konsol tidak akan bisa bermain bersama dengan pengguna PC. 

Menurut Riot Games, fitur bermain bersama antar platform alias crossplay ini dinonaktifkan untuk menciptakan suasana kompetitif yang berbeda di antara dua platform.

Dengan kata lain, penggemar Valorant yang sudah jago di platform PC belum tentu jago di konsol, lantaran fungsi kontrol yang berbeda.

Menyoal kontrol, Riot Games mengeklaim pihaknya telah mengadopsi fitur kontrol mumpuni, yang nantinya akan bisa membuat pengguna Valorant di konsol akan tetap nyaman dan mudah memainkan game tersebut. 

Karakter terbaru Valorant, Iso bisa dicoba lewat update episode 7 act 3.Forbes Karakter terbaru Valorant, Iso bisa dicoba lewat update episode 7 act 3.

Meski tidak memiliki fitur crossplay dan fungsi kontrol yang sama, Riot Games memastikan pengguna Valorant di konsol dan PC akan mendapatkan konten, seperti kostum (skin), hingga jadwal pembaruan (update) yang sama dengan versi PC.

Baca juga: Game Valorant Rilis Patch 8.0, Pertama Kali Bawa Senjata Baru

Bahkan, pengguna Valorant PC bisa melakukan sinkronisasi data terhadap konsol, sehingga data-data dan progres mereka di PC bisa dilanjutkan di konsol, dan skin yang didapatkan di PC bisa dipakai di konsol. 

Nah, seperti disebutkan di atas, tahap limited beta Valorant di konsol belum tersedia di Indonesia, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Engadget, Sabtu (8/7/2024)..

Namun sebagai referensi, penggemar Valorant yang memiliki PS5 atau Xbox Series X/S bisa mengunjungi tautan berikut ini untuk berkesempatan menjajal game bikinan Riot Games ini di konsol.

Belum ada informasi kapan tahap limited beta akan berlangsung di Indonesia. Belum ada info juga kapan Valorant untuk konsol dirilis global.

Yang jelas, hal ini pastinya terwujud setelah tahap limited beta berakhir, dan Riot Games sudah memperbaiki bug yang mungkin ada di platform konsol, supaya pengalaman bermain di konsol semakin nyaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com