Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ZTE Pamer Nubia Music, Ponsel Musik dengan Speaker Besar dan Dua Jack Audio

Kompas.com - 28/02/2024, 14:02 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

BARCELONA, KOMPAS.com - Nubia, vendor smartphone di bawah naungan ZTE, memamerkan smartphone Nubia Music di acara Mobile World Congress (MWC) 2024 di Fira Gran Via, Barcelona, Selasa (27/2/2024).

Seperti namanya, Nubia Music merupakan smartphone yang fokus menawarkan pengalaman mendengarkan musik. Smartphone ZTE Nubia Music ini menarik perhatian jurnalis KompasTekno, Bill Clinten, yang meliput langsung gelaran MWC 2024 di Barcelona.

Salah satu fitur paling mencolok di Nubia Music adalah adanya speaker besar yang membulat di punggung ponsel, tepat di sebelah kanan modul kamera.

Dalam uji coba KompasTekno, suara yang dikeluarkan speaker ini memang terdengar jauh lebih keras dari smartphone pada umumnya.

Hal ini bisa dibilang cukup wajar, lantaran ZTE sendiri mengeklaim Nubia Music, dengan bantuan fitur kecerdasan buatan (AI), mampu mengeluarkan output suara yang 600 persen lebih kencang dibanding ponsel di kelas yang sama.

Baca juga: ZTE Nubia Pad 3D II Dirilis, Tablet 5G Bisa Tampilkan Konten 3D Tanpa Kacamata

Selain itu, suara yang kami dengar juga terbilang halus dan memiliki efek bass yang cukup baik. Efek suara juga tidak pecah alias cempreng meski volume speaker ditingkatkan ke angka maksimal. 

Kualitas seperti ini menandakan bahwa ZTE memang benar-benar fokus memoles fitur speaker di ponsel ini semaksimal mungkin, sehingga penggemar musik bisa membawa-bawa perangkat ini layaknya sebagai "speaker portabel".

Ilustrasi bagian bingkai atas ZTE Nubia Music di ajang MWC 2024 Barcelona. Bisa dilihat, terdapat dua lubang audio jack 3.5 mm untuk menghubungkan ponsel dengan aksesori audio atau speaker eksternal.Kompas.com/BILL CLINTEN Ilustrasi bagian bingkai atas ZTE Nubia Music di ajang MWC 2024 Barcelona. Bisa dilihat, terdapat dua lubang audio jack 3.5 mm untuk menghubungkan ponsel dengan aksesori audio atau speaker eksternal.

Selain speaker, hal menarik lain di Nubia Music adalah ponsel ini memiliki dua lubang audio jack 3.5 mm.

Dengan kata lain, pengguna bisa mendengarkan musik bersama satu teman atau anggota keluarganya dengan aksesori audio kabel berbeda, tanpa harus bertukar atau memakai satu buah earpiece ke telinga mereka masing-masing.

Beralih ke aspek desain, tampilan punggung Nubia Music juga tak kalah apik dari speaker ponsel tersebut. Sebab, bagian belakang perangkat ini dihiasi dengan desain ala atar belakang komik, namun penuh dengan warna yang cukup nyentrik dan unik.

Baca juga: HP Lipat ZTE Nubia Flip 5G Dirilis, Harga Rp 9 Jutaan

Adapun finishing yang digunakan ZTE pada ponsel ini adalah glossy, sehingga bagian belakang ponsel akan terlihat mengilap ketika dilihat dari sisi berbeda.

Pada sektor hardware, Nubia Music ditenagai dengan chipset Unisoc SC9863A yang dipadukan dengan RAM 4 GB dan media penyimpanan (storage) 128 GB.

Nubia Music memiliki layar dengan resolusi HD (720 x 1.612 piksel). Perangkat ini menjalankan sistem operasi Android 13 dan baterai berkapasitas 5.000 mAh. Tidak disebutkan berapa kecepatan pengisian yang didukung ponsel yang sarat akan fitur musik ini.

ZTE tidak menyebutkan kapan dan di mana Nubia Music akan dipasarkan. Namun yang jelas, perangkat ini akan menargetkan pasar ponsel menengah ke bawah, karena dijual dengan harga 149 dollar AS atau setara dengan kisaran Rp 2,3 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com