Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Nada Dering WhatsApp dengan Suara Google, Mudah dan Praktis

Kompas.com - 17/06/2024, 12:35 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna mungkin tertarik untuk mengetahui cara membuat nada dering WhatsApp suara Google. Sebagaimana cukup umum diketahui, saat terdapat pesan atau panggilan baru masuk ke WhatsApp, nada dering bakal muncul sebagai pengingat.

Nada dering WhatsApp itu bisa diganti sesuai dengan keinginan pengguna. Di WhatsApp, terdapat beberapa nada dering bawaan yang dapat dipilih pengguna untuk jadi pengingat ketika terdapat pesan atau telepon baru masuk.

Baca juga: 4 Cara Membuat Link WhatsApp dengan Mudah buat Chat Langsung Tanpa Simpan Nomor

Namun, nada dering dari koleksi bawaan itu mungkin terdengar membosankan. Jika bosan dengan koleksi yang ada, pengguna sejatinya bisa mengganti nada dering WhatsApp atau disingkat WA dengan suara yang unik seperti suara Google.

Untuk diketahui, Google punya layanan asisten suara Google Assistant dengan suara khas, yang kaku seperti robot. Pengguna bisa membuat audio yang mirip suara Google itu untuk dijadikan nada dering WA.

Lantas, bagaimana cara membuat nada dering WhatsApp menjadi suara Google? Jika tertarik untuk menggantinya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara membuat nada dering WhatsApp suara Google.

Cara membuat nada dering WhatsApp suara Google

Cara mengganti nada dering WA dengan suara Google itu pada dasarnya cukup mudah. Setidaknya, terdapat dua tahap yang harus dilakukan pengguna untuk bisa mengganti nada dering WA suara Google.

Tahap pertama adalah membuat nada dering WA suara Google. Pada tahap ini, pengguna bisa memanfaatkan website dengan layanan pengubah teks menjadi audio (text-to-audio). Salah satunya seperti website Sound of Text.

Baca juga: 2 Cara Membuat Tulisan Miring di WhatsApp dengan Mudah dan Cepat

Di website itu, pengguna bisa memasukkan teks tertentu untuk diubah menjadi audio dengan suara seperti suara Google. Setelah mendapatkan audio dengan suara Google, proses berikutnya adalah mengganti nada dering WA suara Google di ponsel.

Adapun penjelasan yang lebih detail soal cara mengganti nada dering WA dengan suara Google adalah sebagai berikut.

Membuat nada dering WA suara Google via Sound of Text

  • Kunjungi situs web ini https://soundoftext.com lewat browser ponsel.
  • Selanjutnya, masukkan teks sesuai keinginan yang tersedia.
  • Pilih suara dengan bahasa Indonesia dan klik opsi “Submit”.
  • Tunggu beberapa saat hingga situs web berhasil mengonversi teks jadi audio yang akan bersuara seperti suara Google.
  • Bila telah berhasil dikonversi, file audio tersebut dapat diunduh dengan klik opsi “Download”.

Ilustrasi cara mengganti nada dering WA dengan suara Google.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara mengganti nada dering WA dengan suara Google.

Memasang nada dering WA suara Google

  • Audio dengan suara Google itu bakal masuk di folder unduhan ponsel, biasanya dapat diakses pada aplikasi File Manager.
  • Untuk memasang audio yang bersumber dari unduhan menjadi nada dering WA, biasanya tiap ponsel bakal memiliki cara yang berbeda-beda.
  • Misalnya, bila di ponsel Xiaomi, mengganti nada dering WhatsApp dengan audio yang bersumber dari unduhan, caranya bisa dengan mengakses menu pengaturan.
  • Selanjutnya, pilih menu pengaturan “Notifikasi & Pusat Kontrol” dan klik opsi “Notifikasi aplikasi”.
    Ilustrasi cara membuat nada dering WhatsApp suara Google.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara membuat nada dering WhatsApp suara Google.
  • Kemudian, pilih aplikasi WhatsApp dan klik opsi “Notifikasi”.
  • Setelah itu, pilih opsi “Suara” dan klik “nada dering lokal”.
  • Terakhir, buka opsi “File Manager” dan pilih audio suara Google yang tadi telah diunduh dari Sound of Text, lalu klik opsi “Terapkan”.
  • Setelah diterapkan, nada dering WhatsApp sekarang telah berhasil diganti dengan suara Google.

Ilustrasi cara mengganti nada dering WA dengan suara Google. KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara mengganti nada dering WA dengan suara Google.

Cukup mudah bukan cara mengganti nada dering WA dengan suara Google? Dengan cara di atas, pengguna dapat mengganti nada dering WhatsApp dengan suara yang lebih menarik ketimbang nada dering dari koleksi bawaan WhatsApp.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi WhatsApp Pending dengan Mudah, Jangan Panik

Demikianlah penjelasan lengkap seputar cara membuat nada dering WhatsApp suara Google. Sebagai informasi tambahan, cara di atas dilakukan pada ponsel Xiaomi dengan versi Android 10 dan MIUI 12.5. Beda platform yang dipakai, bisa beda pula caranya.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com