Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara agar WhatsApp Tidak Terlihat Online dengan Mudah dan Praktis

Kompas.com - 24/06/2024, 12:35 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui beberapa trik untuk menjaga privasi saat berinteraksi di aplikasi pesan instan WhatsApp atau yang biasa disingkat WA. Salah satu trik itu seperti cara WA tidak terlihat online.

Cara agar WhatsApp tidak terlihat online bakal berguna untuk menjaga privasi pengguna di waktu-waktu tertentu, seperti saat ingin beristirahat atau liburan. Di waktu tersebut, pengguna mungkin tidak ingin terganggu dengan notifikasi atau interaksi dari kontak.

Baca juga: 3 Cara Logout WhatsApp di HP yang Hilang dengan Mudah agar Akun Tetap Aman

Supaya tidak terganggu, salah satu solusinya adalah membuat WhatsApp tidak terlihat online. Perlu diketahui, WhatsApp memiliki beberapa fitur yang memungkinkan pengguna lain mengetahui jika pengguna sedang online.

Ketika pengguna lain tahu jika pengguna tengah aktif, interaksi bisa lebih berpotensi terjadi. Dengan diatur agar tidak terlihat online, pengguna bisa meminimalkan adanya chat atau telepon masuk dari pengguna lain di WhatsApp.

Alhasil, privasi lebih terjaga dan pengguna bisa beristirahat atau liburan dengan lebih tenang. Lantaran bakal berguna, pengguna penting untuk mengetahui cara agar WhatsApp tidak terlihat online. Lantas, bagaimana caranya supaya WhatsApp tidak kelihatan online?

Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan lengkap di bawah ini mengenai cara WA tidak terlihat online dengan mudah dan praktis.

Cara WA tidak terlihat online

Cara WA tidak terlihat online itu pada dasarnya cukup mudah. Sebagaimana sempat disinggung di atas, WhatsApp memiliki beberapa fitur bawaan yang memungkinkan pengguna lain mengetahui bahwa pengguna tengah aktif di aplikasi.

Beberapa fitur tersebut seperti status Online, Last Seen/Terakhir Dilihat, dan Centang Biru. Untuk membuat WA tidak terlihat online, pengguna sejatinya hanya perlu mematikan beberapa fitur tersebut.

Selain mematikan fitur tersebut, untuk membuat WA tidak terlihat online, pengguna juga bisa melakukan beberapa pengaturan lain. Adapun penjelasan yang lebih detail soal beberapa cara WA tidak terlihat online adalah sebagai berikut.

1. Membuat bio dengan status “offline”

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah membuat bio atau informasi singkat yang menunjukkan bahwa pengguna sedang offline, sehingga tidak bisa diganggu. Untuk membuat bio WhatsApp ini, caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka menu “Setelan” atau "Settings" di WA.
  • Kemudian, klik "Profil" dan pilih opsi "About".
  • Terakhir, pada kolom yang tersedia, buat bio dengan tulisan seperti ini “Offline”, “Sedang Offline”, atau “Sedang Berlibur”.

2. Matikan status Last Seen dan Online

Sebagaimana cukup umum diketahui, WhatsApp dapat menampilkan status pengguna tengah online (status Online) dan kapan terakhir kali online (status Last Seen). Pengguna bisa mematikan kedua status itu agar pengguna lain tak mengetahui kalau sedang online.

Dengan demikian, pengguna dapat meminimalkan interaksi dengan pengguna lain di aplikasi WhatsApp. Adapun cara agar WhatsApp tidak terlihat online dengan mematikan status Last Seen dan Online adalah sebagai berikut:

  • Buka menu “Setelan” atau "Settings" di WA.
  • Selanjutnya, pilih menu pengaturan “Privacy”.
  • Kemudian, klik opsi “Last seen & online”.
  • Terakhir, atur agar status Last Seen dan Online tidak bisa dilihat siapa pun dengan klik opsi “Nobody”.

Baca juga: 2 Cara Menyembunyikan Isi Pesan WhatsApp di Notifikasi biar Tak Mudah Diintip

3. Matikan notifikasi kontak atau grup tertentu

Cara agar tidak terlihat online di WA yang berikutnya untuk menjaga privasi adalah dengan mematikan notifikasi dari kontak atau grup tertentu. Di WhatsApp, pengguna bisa memilih untuk mematikan notifikasi dari kontak tertentu.

Dengan mematikan notifikasi, pengguna tak akan mendapatkan pemberitahuan di layar HP ketika terdapat pesan masuk dari kontak atau grup tertentu, yang mungkin berpotensi mengganggu waktu liburan.

Adapun cara agar tidak terlihat online di WA dengan mematikan notifikasi kontak atau grup tertentu adalah sebagai berikut:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com