Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Skor Uji Mandiri Antutu HP Realme GT 6, Tak Sebesar yang Dipamerkan?

Kompas.com - 28/06/2024, 16:17 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Realme GT 6 resmi meluncur di Indonesia 20 Juni lalu, bersamaan dengan peluncuran globalnya.

Di Indonesia, Realme GT 6 menjadi smartphone pertama yang ditenagai System on Chip (SoC) Snapdragon 8s Gen 3. Di Indonesia, Realme GT 6 dengan Snapdragon 8s Gen 3 dipadukan dengan RAM dan storage 12/256 GB.

Sebenarnya, Poco F6 juga menggunakan SoC yang sama. Hanya saja, hingga saat ini, Poco F6 masih belum resmi dirilis di Indonesia.

Secara teknis, Snapdragon 8s Gen 3 memiliki total delapan inti yang terdiri dari satu inti prime Cortex-X4 berkecepatan 3,0 GHz, empat inti performa Cortex-A720 berkecepatan 2,8 GHz, dan tiga inti hemat daya Cortex-A520 berkecepatan 2,0 GHz.

Chip dengan fabrikasi 4 nanometer (nm) ini juga dibekali pengolah grafis alias GPU Adreno 735.

Baca juga: Realme GT 6 Resmi, Ponsel Chip Snapdragon 8s Gen 3 Pertama di Indonesia

Dalam peluncurannya di Milan, PR Manager Realme Spanyol, Alvaro Membrillera sesumbar bahwa Realme GT 6 meraih skor 1.675.000 lebih di aplikasi benchmark AnTuTu.

Alvaro Membrillera, PR Manager Realme Spanyol memamerkan skor AnTuTu Realme GT 6 di panggung peluncuran Realme GT 6, Milan, ItaliaKompas.com/Lely Maulida Alvaro Membrillera, PR Manager Realme Spanyol memamerkan skor AnTuTu Realme GT 6 di panggung peluncuran Realme GT 6, Milan, Italia

Skor itu 129 persen lebih tinggi dibanding Snapdragon 8 Plus Gen 1, dan 110 persen lebih tinggi dibanding Snapdragon 7 Plus Gen 3.

Untuk membuktikannya, kami melakukan uji benchmark secara mandiri menggunakan aplikasi AnTuTu versi V10.2.7. Kami coba melakukan beberapa kali tes, di mana masing-masing tes diselingi jeda untuk menetralkan perangkat.

Dari lima kali uji benchmark yang kami lakukan, Realme GT 6 meraih skor rata-rata 1.506.203. Skor tertinggi yang didapat adalah 1.520.599, masih di bawah skor yang dipresentasikan Realme di acara peluncuran Realme GT 6 lalu.

Tangkapan layar skor benchmark Realme GT 6. Kami melakukan lima kali pengujian menggunakan aplikasi AnTuTu versi V10.2.7.
KOMPAS.com/Lely Maulida Tangkapan layar skor benchmark Realme GT 6. Kami melakukan lima kali pengujian menggunakan aplikasi AnTuTu versi V10.2.7.

Perbedaan ini lumrah terjadi, mengingat kondisi teknis smartphone yang boleh jadi berbeda.

Menurut Public Relations Manager Realme Indonesia, Krisva Angnieszca, skor yang dipamerkan saat peluncuran menggunakan Realme GT 6 dengan konfigurasi RAM dan storage tinggi, yakni 16 GB/1 TB. Varian RAM itu hanya tersedia di pasar global, tidak termasuk di Indonesia.

Perbedaan konfigurasi itu dinilai memengaruhi perbedaan hasil skor benchmark di aplikasi AnTuTu.

"Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi perbedaan benchmark. Hardware termasuk prosesor, jenis memori internal dan jenis RAM serta software yang termasuk pengaturan dan jumlah aplikasi di dalam smartphone," kata Krisva kepada KompasTekno lewat pesan singkat, Jumat (28/6/2024).

Bila mengacu ranking AnTuTu, skor tertinggi Realme GT 6 berada di bawah Samsung Galaxy S24 dengan chip Exynos 2400 yang mendapat nilai total 1.564.629.

Skor AnTuTu dan Geekbench Realme GT 6Kompas.com/Lely Maulida Skor AnTuTu dan Geekbench Realme GT 6

Kami juga melakukan uji benchmark dengan aplikasi Geekbench 6 dan 3D Mark. Untuk aplikasi Geekbench 6, Realme GT 6 mendapat skor 1.922 poin untuk pengujian single-core dan 4.814 skor di pengujian multi-core.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com