Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akun Threads Akhirnya Bisa Dihapus Tanpa Perlu Hapus Instagram

Kompas.com - 14/11/2023, 16:00 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Threads

KOMPAS.com - Akun media sosial Threads kini bisa dihapus secara terpisah dari Instagram. Kehadiran fitur tersebut diumumkan oleh CEO Instagram Adam Mosseri.

Sebelum ada fitur ini, pengguna yang ingin menghapus akun Threads, harus menghapus akun Instagram terlebih dulu. Alternatif lainnya, pengguna bisa memilih menonaktifkan akun profil Threads sementara waktu.

Sebab, Threads ini seolah "menempel" pada Instagram. Pengguna yang mendaftar Threads juga tidak perlu menggunakan akun baru, cukup menggunakan akun IG.

“Kami menggelontorkan sebuah cara bagi Anda untuk menghapus profil Threads Anda secara terpisah dengan akun Instagram,” ungkap Adam Mosseri di akun Threads pribadinya dengan handle @mosseri, Selasa (14/11/2023).

CEO Instagram, Adam Mosseri mengumumkan bahwa kini akun Threads bisa dihapus tanpa harus menghapus akun InstagramThreads/Adam Mosseri CEO Instagram, Adam Mosseri mengumumkan bahwa kini akun Threads bisa dihapus tanpa harus menghapus akun Instagram
Pengguna Threads yang ingin menghapus akun, bisa langsung mengunjungi menu Settings (Pengaturan), pilih Akun (Account), dan klik Deactive or delete profiles (Dinonaktifkan atau menghapus akun profil).

Sistem akan memunculkan jendela informasi mengenai perbedaan menonaktifkan profil dengan menghapus akun profil secara permanen. Pantauan KompasTekno, Selasa (14/10/2023), kemampuan menghapus akun Threads sudah tersedia di Indonesia.

Baca juga: Makin Mirip X Twitter, Threads Punya Fitur Polling dan Bisa Posting GIF

Fitur menghapus akun Threads tanpa menghapus akun Instagram sudah hadir di IndonesiaKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Fitur menghapus akun Threads tanpa menghapus akun Instagram sudah hadir di Indonesia
Adanya fitur baru ini tampaknya bisa dikatakan sebagai kabar baik bagi sebagian orang. Sebab, seperti yang sudah disinggung sebelumnya, pengguna awalnya hanya dapat menonaktifkan profil Threads atau menghapus kedua akun (IG dan Threads) secara bersamaan.

Sejumlah pengguna pun mengeluhkan masalah ini beberapa waktu lalu, dan sempat menjadi trending topic di X Twitter.

Dengan kata lain, kemampuan menghapus akun yang baru ini bisa menjadi jawaban atas keluhan yang sempat dilontarkan pengguna beberapa waktu lalu.

Beda hapus dan menonaktifkan akun

Sebelum ada kemampuan menghapus akun, Mosseri menjelaskan bahwa pengguna bisa menggunakan alternatif lain, seperti menonaktifkan akun Threads sementara waktu.

Menonaktifkan akun profil merupakan fitur yang bisa dipakai Anda untuk rehat sejenak di media sosial. Selama masa hiatus, pengikut (followers) atau akun orang lain tidak dapat melihat linimasa (timeline) ataupun mencari akun Anda.

Beberapa informasi yang bisa dilihat, salah satunya adalah riwayat pesan yang dikirim melalui Direct Message (DM). Namun, akun dari pengirim hanya tertulis “Unknown Users” saja.

Fitur menonaktifkan akun profil juga sifatnya lebih leluasa karena pemilik akun dimungkinkan untuk aktif kembali sesuka hati. Pengguna bisa memilih rehat di Instagram dalam jangka waktu yang panjang.

Instagram pun masih akan tetap menyimpan informasi akun Anda, termasuk daftar followers, foto yang sudah di-upload, dan sebagainya.

Nah, bedanya dengan menghapus akun, pengguna benar-benar akan kehilangan semua data dan foto yang sudah pernah diunggah. Artinya, data pengguna benar-benar akan dihapus, tidak bisa dipulihkan kembali, atau login seperti fitur sebelumnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com