Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Posting Threads Kini Bisa Diedit dalam 5 Menit, Gratis untuk Semua

Kompas.com - 13/10/2023, 08:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Aplikasi mirip X/Twitter bikinan Meta, Threads meluncurkan dua fitur baru, yakni tombol edit dan "Voice Threads".

Kehadiran dua fitur baru ini diumumkan langsung oleh CEO Meta Mark Zuckerberg lewat posting Threads, Kamis (12/10/2023) malam.

"Meluncurkan (fitur) Edit dan Voice Threads hari ini. Silakan menikmati!" tulis @zuck.

CEO Instagram Adam Mosseri memberikan lebih banyak informasi soal fitur baru ini, termasuk foto ilustrasinya, lewat sebuah posting Threads.

Baca juga: Twitter Rilis Tombol Edit Tweet untuk Pengguna Berbayar

Menurut Mosseri, fitur baru tombol edit memungkinkan pengguna untuk mengedit posting Threads maksimal 5 menit setelah diunggah. Menu edit tersedia di bawa ikon "titik tiga" di posting Threads.

Threads rilis fitur tombol edit. Pengguna bisa mengoreksi typo posting Threads maksimal 5 menit setelah diunggah. Tombol edit mulai digelontorkan semua pengguna dan bisa digunakan secara gratis. 
9to5Google Threads rilis fitur tombol edit. Pengguna bisa mengoreksi typo posting Threads maksimal 5 menit setelah diunggah. Tombol edit mulai digelontorkan semua pengguna dan bisa digunakan secara gratis.
Tombol edit mulai digelontorkan semua pengguna dan bisa digunakan secara gratis. Hal ini berbeda dengan jejaring sosial X/Twitter yang membuat fitur "Edit Tweet" khusus untuk pengguna berbayar.

Pengguna X/Twitter harus berlangganan Twitter Blue seharga mulai Rp 120.000 per bulan untuk bisa mengoreksi twit maksimal 30 menit setelah di-upload.

Baca juga: Sebulan Meluncur, Threads Ditinggal Nyaris 80 Persen Pengguna

Perbedaan lainnya, Threads hanya menampilkan indikator berbentuk ikon seperti pensil di-posting yang sudah diedit. Threads tidak menampilkan riwayat postingan yang diedit.

Voice Threads

Selain tombol edit, pengguna kini bisa unggah posting dalam bentuk audio, lewat fitur baru "Voice Threads".

Pengguna akan bisa merekam pesan suara langsung di dalam aplikasi. Lalu, Threads juga akan membuat transkrip dari pesan suara pengguna yang diposting itu

Ketika diunggah, hasil transkrip tetap dimunculkan, dilengkapi dengan pesan suara pengguna. Pesan suara itu ditampilkan dalam bentuk gelombang suara dengan tombol putar.

Ketika audio dimainkan, pengguna akan melihat hasil transkrip kata per kata secara real-time, mengikuti bagian yang sedang dibicarakan.

Threads juga merilis fitur baru Voice Threads untuk posting audio. Ketika diputar, pengguna akan melihat hasil transkrip kata per kata secara real-time, mengikuti bagian yang sedang dibicarakan.9to5Google Threads juga merilis fitur baru Voice Threads untuk posting audio. Ketika diputar, pengguna akan melihat hasil transkrip kata per kata secara real-time, mengikuti bagian yang sedang dibicarakan.
Kedua fitur ini bisa dinikmati pengguna secara gratis, baik di situs web maupun aplikasi mobile Threads. Beberapa pengguna sudah bisa menjajal dua fitur baru ini.

Namun, pantauan KompasTekno, Jumat (13/10/2023) pagi, fitur baru tombol edit dan Voice Threads belum tersedia di aplikasi Threads versi 304.0.0.33.106 di ponsel Android untuk wilayah Indonesia.

Biasanya perilisan fitur baru butuh waktu beberapa hari untuk hadir di seluruh akun pengguna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com