Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telkomsel Tembus Perbatasan Papua Nugini dan Timor Leste

Kompas.com - 13/10/2008, 20:49 WIB

JAKARTA, SENIN - PT Telkomsel Tbk melebarkan cakupan layanannya dengan mengoperasikan jaringannya di daerah perbatasan negara. Baru-baru ini 3 wilayah terpencil di perbatasan Papua Nugini dan Timor Leste telah dilayani jaringan Telkomsel yakni distrik Sota Wasur (12 kilomater dari Merauke), Senggi di timur Jayapura, dan Motamasin NTT dekat Covalima Timor Leste.

Kehadiran layanan Telkomsel di perbatasan tersebut tentunya semakin memperkokoh terpeliharanya NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) sebagai negara kepulauan. Bahkan dalam rangka persiapan HUT TNI ke-63 di Markas Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) Surabaya, Panglima TNI Jenderal TNI Djoko Santoso berkesempatan
menggunakan layanan video call Telkomsel untuk mengecek kesiapan pasukan di Senggi yang berbatasan dengan Papua Nugini.

Dengan beroperasinya jaringan Telkomsel di 3 lokasi tersebut kini ada puluhan titik wilayah terpencil dan pulau-pulau terluar perbatasan negara yang telah terlayani jaringan Telkomsel. Antara lain Pulau Laut di Natuna berbatasan dengan Vietnam, Pulau Kisar, perbatasan Timor Leste, Sei Nyamuk Nunukan dan Entikong perbatasan Malaysia, Pulau Breueh di Aceh berbatasan dengan Thailand, Marore dan Miangas perbatasan Filipina, serta Pulau Rote dan Sabu berbatasan dengan Australia.

Manager Corporate Communications Telkomsel, Suryo Hadiyanto mengatakan, keberhasilan Telkomsel menghadirkan layanan telekomunikasi di wilayah terpencil dan pulau terluar Indonesia, seiring kesuksesan Telkomsel dalam mengimplementasikan inovasi teknologi baru. Yakni BTS Pico via satelit VSAT IP (Internet Protocol) berbasis teknologi selular berkonsep "Remote Solution System" yang pertama di Indonesia bahkan diklaim pertama di dunia.

"Teknologi yang kami manfaatkan adalah Teknologi GSM dengan rekayasa hasil karya anak bangsa dalam memanfaatkan teknologi Antena Tracking serta Applikasi Satelit ditambah dengan Teknologi Power Supply, sehingga lebih simpel dan efektif digunakan di area terpencil bahkan di kapal yang bergerak sekalipun," kata Suryo dalam keterangan resmi yang di terima di Jakarta, Senin (13/10).

Dengan adanya inovasi yang diberi nama Telkomsel Merah Putih, kini wilayah terpencil dan pulau terluar Indonesia yang dulu tidak bisa dilayani sarana telekomunikasi, kini telah merdeka dari keterisolasian. Saat ini telah ada 100 titik jaringan "Telkomsel Merah Putih", dimana dalam hingga akhir tahun 2008 ini di rencanakan bisa melayani 3.000 titik dan 10.000 titik lagi tahun berikutnya.

Disamping pulau terluar perbatasan negara, jaringan Telkomsel juga telah menjangkau desa-desa dipelosok yang sebelumnya terisolir seperti: Desa Balabalakan (Selat Makassar), pemukiman Baduy dan desa-desa terpencil di Jawa Barat (Bukit Malabar, Desa Rajasa, Kertasari, Agrabintan, Sukaresmi, dan Pule Joho). (PersdaNetwork/Hendra Gunawan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com