Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nokia Pinjamkan dan Gratiskan Lumia untuk Developer Lokal

Kompas.com - 07/02/2012, 15:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah sukses menggelar acara "Coding 24 jam Nokia Lumia Developers Day", Nokia Developer Indonesia kembali menggelar acara yang diperuntukan untuk para developer (pengembang aplikasi) Windows Phone, bertajuk "The Amazing Nokia Lumia Apps Challenge".

Kompetisi ini memberi kesempatan kepada developer untuk menjajal dan memiliki smartphone Nokia Lumia 710.

 
"Kompetisi ini mengincar developer individu ataupun kelompok yang punya semangat membuat aplikasi di Windows Phone," kata Narenda Wicaksono, Developer Operation Manager Nokia Indonesia, saat dihubungi lewat telepon, Senin (6/2/2012).
 
Bagi yang ingin mengikuti kompetisi ini, lanjut Narenda, terlebih dahulu harus membangun prototipe aplikasi untuk Windows Phone. Registrasi bisa dilakukan dengan bergabung ke situs web Nokia Indonesia Community Enthusiasts (NICE), http://www.nice.or.id.

Lalu buatlah sebuah posting dalam bentuk blog yang isinya berupa judul, deskripsi, dan screenshot dari aplikasi yang ingin dibangun, sebelum 31 Maret 2012. Contoh posting prototipe aplikasi bisa dilihat di sini.

 
Narenda mengatakan, jika prototipe aplikasi itu dirasa menarik, maka pihak Nokia akan menghubungi developer yang bersangkutan. Agar disetujui, sebuah aplikasi yang diajukan harus unik, sesuai dengan kebutuhan lokal, dan dapat memaksimalkan fitur Nokia Lumia.
 
"Kami akan meminjamkan dan mengirimkan sebuah Nokia Lumia 710 untuk developer yang punya prototipe aplikasi menarik," kata Narenda. Ini dilakukan agar para developer lebih mengenal Nokia Lumia dan sistem operasi Windows Phone.
 
Developer yang sudah menerima Lumia 710, diwajibkan membuat dan memasukan aplikasinya ke toko aplikasi Windows Phone Marketplace dalam kurun waktu maksimal 30 hari.
 
Nah, bagi developer yang berhasil membuat dan mempublikasi 3 aplikasi sebelum 30 Juni 2012, maka berhak memiliki Lumia 710, yang sebelumnya dipinjamkan.

"Lumia 710 yang sebelumnya berstatus dipinjamkan, akan berubah menjadi hak milik jika developer berhasil membuat 3 aplikasi," tutup Narenda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com