Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tablet Sudah Salip PC Akhir 2013

Kompas.com - 11/05/2013, 13:24 WIB

Oik Yusuf/KompasTekno Komputer tablet Asus Google Nexus 7

KOMPAS.com - Angka pengiriman PC mengalami penurunan berturut-turut selama beberapa kuartal terakhir. Pada saat bersamaan, perangkat komputer tablet menunjukkan pertumbuhan pesat.

Maka, sejumlah lembaga riset menilai bahwa hanya soal waktu sebelum angka pengkapalan tablet menyalip PC. Salah satu prediksi terbaru dari mantan analis IDC Sameer Singh menyebutkan bahwa hal itu akan terjadi mulai akhir 2013.

Seperti dikutip dari Cnet, Singh yang kini menjabat kepala analis di BitChemy Ventures  menyebutkan ada dua skenario "kekalahan PC". Pertama adalah angka shipment PC bakal jatuh menjadi 70-70 juta unit pada kuartal keempat tahun ini, sementara tablet naik ke angka 80 juta unit.

 

Sameer Singh

Skenario kedua menempatkan terlewatinya angka pengkapalan PC pada waktu yang lebih awal, yaitu kuartal ketiga 2013 di mana Singh memperkirakan pengiriman PC jatuh menjadi 65 juta unit, kalah oleh tablet yang tumbuh menjadi 75 juta unit.

Skenario mana yang paling mungkin terwujud bergantung pada beberapa faktor, antara lain kecepatan substitusi PC oleh tablet. Sebelum ini, Singh memperkirakan tablet baru akan menyalip PC pada kuartal pertama 2014, tetapi perangkat tablet ternyata tumbuh lebih cepat dari yang diprediksi.

"Estimasi angka pengkapalan ini bisa dipengaruhi oleh kecepatan penetrasi tablet murah di pasar negara berkembang, dan perubahan yang diterapkan ke sistem operasi WIndows 8," ujar Singh. "Akan tetapi, berdasarkan skala pengiriman, saya yakin bahwa pengiriman tablet akan mengalahkan PC pada akhir 2013."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com